Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami | Sebagai manusia normal tentulah kita menginginkan penampilan cantik dan menarik dengan memiliki tubuh langsing, kulit putih , rambut lurus,  tinggi semampai. gigi putih dan semua yang indah-indah. Keinginan tersebut wajar saja namun tak semua orang bisa memiliki penampilan yang demikian. Kadang butuh pengorbanan yang ekstra keras untuk kita dapat meraihnya. Sebuah keberhasilan adalah bonus setelah kita mengerjakan sesuatu yang penting kita berusaha dulu. Begitu juga dengan memutihkan gigi pilihlah cara cara alami karena biasanya sesuatu yang alami tidak memiliki efek samping yang yang berbahaya buat kesehatan kita.

Gigi memang hanya sebagian kecil dari anggota tubuh kita namun sangat berpengaruh pada penampilan anda. Gigi yang tampak kuning akan memberikan kesan  kalau pemiliknya kurang menjaga kebersihan gigi serta tidak memperhatikan penampilan.

Cara memutihkan gigi kuning
ilustrasi Img : http://www.doktergigimedan.com/

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tips mengenai cara alami memutihkan gigi kuning namun sebelum itu kita terlebih dahulu perlu tahu penyebab gigi kuning apa saja dan berikut adalah beberapa penyebab gigi kita menjadi kuning.

1. Faktor bawaan.
Artinya memang diciptakan dengan gigi yang kuning. Lapisan luar gigi kita atau disebut email gigi pada dasarnya berwarna putih dan lapisan dalam gigi atau detin gigi berwarna kuning. Namun dikarenakan kurang mineral bisa saja warna dentin gigi tampak lebih jelas dari pada warna lapisan email gigi.

2. Sering minum minuman berenergi.
Seperti namanya minauman ini dibuat untuk mengantikan energi kita yang terkuras karena aktifitas tertentu. Didalam minuman berenergi terkandung gula dan asam yan tidak alami dan sifatnya bisa merusak gigi. Jika anda terbiasa dengan minuman ini maka lama kelamaan gigi anda akan berubah menjadi kuning meskipun anda rajin menggosok gigi setiap hari.

3. Kebiasaan Merokok.
Merokok sudah menjadi rutinitas wajib untuk sebagian kaum adam disegala penjuru dunia. Namun tanpa disadari kebiasaan merokok dapat membuat gigi anda menjadi menguning karena kandungan nikotin yang terdapat pada rokok memberikan efek yang negatif untuk kesehatan kita.

4.  Hobi berenang.
Hobi berenang ternyata juga bisa membuat gigi anda menjadi kuning. Ini dikarenakan klorin yang digunakan untuk memutihkan air dalam kolam memiliki kandungan asam yang cukup tinggi  yang bisa merusak gigi. Untuk itu disarankan untuk menyikat gigi setelah kita selesai berenang agar asam dari klorin yang menempel pada gigi bisa terbuang dengan bersih.

5. Efek dari pengunaan obat mata.
Didalam obat mata yang sering kita gunakan ternyata mengandung bahan kimia yang berfungsi menekan produksi saliva. Saliva ialah cairan kental yang diproduksi oleh kelenjar ludah. Saliva berfungsi menetralisir asam yang ada dimulut sehingga produksi asam menurun dan menjadikan bakteri meningkat. Peningkatan bakteri dapat merusak gigi anda.

6. Malas mengosok gigi.
Malas mengosok gigi adalah penyebab paling umum gigi anda menguning. Apabila kebiasaan malas mengosok gigi dilakukan dalam waktu yang lama memberi dampak yang negatif pada kesehatan gigi anda, tak hanya gigi menguning masalah gigi yang lain bisa menyerang seperti gigi berlubang dan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Cara instan yang banyak dipilih memang adalah bleaching namun cara ini bisa saja mendatangkan masalah lain pada gigi apabila tidak dilakukan oleh profesional. Bleching oleh seseorang yang telah profesional atau dokter tentulah membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk itu cara alami memutihkan gigi dibawah ini patut jadi pertimbangan anda.


Cara memutihkan gigi kuning secara alami

1. Mengkonsumsi buah buahan.

Buah strawberry dan buah apel tak hanya nikmat dilidah jika disantap namun juga bisa memberikan keuntungan yang lain yakni menyehatkan gigi. Dengan mengkonsumsi buah buahan tersebut plak dan juga noda yang menempel pada gigi anda perlahan lahan akan terkikis. Anda tak perlu mengolahnya menjadi suatu olahan masakan, hanya dengan langsung dimakan maka gigi kuning anda perlahan-lahan akan segera sirna.


2. Mengkonsumsi makanan yang berkalsium tinggi.
Cara memutihkan gigi yang kedua adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. Karena pada dasarnya gigi kita membutuhkan kalsium yag cukup untuk menjaga mempertahankan kekuatannya. Dan supaya gigi anda tidak kuning disarankan untuk mengkonsumsi keju, yougurt dan juga susu karena makan-makanan tersebut memang mengandung kalsium yang cukup tinggi yang bagus untuk kesehatan gigi.
    

3. Mengkonsumsi  sayur sayuran segar.
Mengkonsumsi sayuran sangat baik untuk kesehatan kita terlebih sayuran segar organik.
Sayuran segar organik kaya akan vitamin dan kalsium yang dibutuhkan oleh gigi kita.


4. Jeruk nipis.
Selain bisa kita gunakan untuk menghilangkan sisa makanan dan kotoran yang menempel dipiring buah jeruk nipis juga dapat anda manfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya peras jeruk nipis lalu campur air perasan tadi dengan sedikit garam. Buatlah untuk berkumur lakukan hal ini sehabis makan dan sebelum tidur.


5. Pasta lemon dan garam.
Seperti halnya jeruk nipis lemon juga memiliki khasiat yang sama untuk gigi. Caranya buatlah pasta dari lemon kemudian tambahkan garam dan gunakan untuk pasta gigi. Dengan begitu gigi yang kuning akan menjadi putih jika hal ini dilakukan secara rutin.


6. Biji pinang.
Buah pinang oleh sebagian orang pada zaman dahulu dimanfaatkan untuk menginang. Hal ini biasa dilakukan oleh para orang tua zaman dahulu untuk menjaga kekuatan gigi mereka. Meski membuat gigi anda kuat namun bisa membuat gigi anda memerah. Cara yang benar untuk manfaatkan tanaman pinang untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan mengolah bijii pinang menjadi arang. Tumbuklah biji pinang yang telah menjadi arang tadi hingga halus kemudian gunakan untuk mengosok gigi anda.


7. Kulit jeruk.
Kulit jeruk nipis yang kita anggap sampah nyatanya bisa ita gunakan untuk memutihkan gigi. Begini caranya gosokkan pada gigi anda dengan kulit jeruk yang berwarna putih. Bila dilakukan secara teratur memiliki gigi putih bukanlah yang mustahil.


8. Arang kayu
Arang kayu memiliki khasiat yang sama dengan biji pinang. Caranya buatlah arang kayu untuk mengosok gigi anda. Bilas dengan air bersih jika selesai mengosok gigi dengan arang kayu. Orang-orang terdahulu banyak menggunakan cara ini untuk menjaga kesehatan gigi mereka dan menurut saya hasilnya juga sangat baik.


9. Menjaga kesehatan gigi
Menjaga kesehatan gigi bisa kita lakukan dengan rajin mengosok gigi, memeriksakan gigi kedokter 6 bulan sekali, tinggalkan kebiasaan merokok, Kurangi minum minuman berenergi, Jangan makan makanan yang terlalu panas dll. Memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami seperti postingan diatas memang sedikit ribet dan merepotkan namun percayalah bahwa menggunakan bahan alami jauh lebih baik dibanding menggunakan bahan kimia.
Artikel Terkait : Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Paling Ampuh
Menjaga kesehatan gigi anda dari sedini mungkin memang lebih baik dibandingkan setelah gigi anda sudah terlanjur menguning. Dari pada anda mengeluarkan banyak uang untuk melakukan bleaching lebih baik mengunakan cara memutihkan gigi kuning secara alami diatas. Selain hemat pengeluaran juga aman tanpa efek samping.

Share this :

Previous
Next Post »