7 Manfaat Buah Anggur Yang Perlu Anda Ketahuai

Tanaman buah anggur pertama kali di kenal di timur tengah selanjutnya meluas ke wilayah eropa dan sekitarnya. Buah anggur memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi harga anggur dipasaran tergolong mahal.  Ada 3 varietas anggur yang banyak dibudidayakan di Indonesia yakni, anggur merah, anggur hitam dan anggur hijau. Anggur merah lebih diminati konsumen dari pada yang lain. karena buahnya lebih besar serta daging buahnya yang tebal dan manis dari pada jenis lainnya. Didalam buah anggur mengandung 70 persen air, 20 persen gula dan 10 zat lainnya yang baik untuk metabolisme tubuh.
Anggur tumbuh merambat dan cocok dibudidayakan di dataran rendah . Berbeda dengan tanaman buah lainnya yang tumbuh subur didaerah dataran tinggi anggur justru sebaliknya. Anggur dapat kita olah menjadi berbagai macam olahan misalnya jus, kismis, minuman anggur (bir), jelly dll. Didalam buah anggur terdapat senyawa Flavonoid, polifenol dan resverator yang berperan membantu mempermudah metabolisme dalam tubuh. Di luar negeri buah anggur sering diolah menjadi minuman berkadar alkohol.

manfaat buah anggur
ilustrasi img : http://www.jurnalmetro.com/

Berikut beberapa manfaat buah anggur yang perlu anda ketahuai :

1. Sebagai antioksidan alami.
Polifenol dan Resverator yang terdapat dalam buah anggur dapat menangkal radikal bebas yang dapat menimbulkan macam macam masalah kesehatan yang sangat berbahaya seperti kanker. Kandungan antioksidan alami buah anggur dapat menghambat bahkan mencegah pembentukan jaringan sel sel kanker. Sejumlah penelitian menyatakan rajin mengkonsumsi jus anggur ternyata dapat membantu mencegah penyakit kanker payudara.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung.
Buah anggur mengandung vitamin dapat membantu fungsi kerja organ tubuh untuk membantu melancarkan peredaran darah. Mengkonsumsi buah anggur dapat meningkatkan oksida nitrat  sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

3. Mengobati kesemutan.
Kesemutan pada tangan dan kaki sering terjadi pada setiap orang. Kesemutan bisa terjadi karena tangan ataupun kaki terlalu lama menopang berat. Namun hal ini dapat dicegah atau setidaknya dikurangi dengan makan buah anggur secara teratur.

4. Membantu memulihkan cidera otot.
Selain dipijat memulihkan cidera otot juga bisa disembuhkan dengan cara minum obat yang bisa  apotek terdekat. Buah anggur mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan otot otot anda.Untuk membantu dalam proses pemulihan  makanlah buah anggur agar otot anda pulih seperti sedia kala.

5. Manfaat buah anggur untuk kecantikan.
selain buah alpukat dan buah pisang yang bisa anda jadikan masker wajah, namun buah anggur juga sangat ampuh untuk memelihara kecantikan anda. Nutrisi yang terdapat dalam buah ini juga bisa membatu menghaluskan kulit wajah sekaligus membuat kulit wajah tampak bersinar. Cara membuat masker dari buah anggur ini cukup mudah : ambil beberapa buah anggur lalu kupas kulitnya dan haluskan kemudian campurkan  2 sendok makan madu kemudian oleskan ke wajah anda. diamkankira kira sekitar 15 menit, bilas dengan air hangat. Selain itu masker buah anggur juga dapat membantu menyamarkannoda hitam bekas jerawat.

6. Memutihkan Gigi.
Selain manfaat diatas ternyata manfaat buah anggur yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang ialah dapat membantu menyehatkan dan memutihkan gigi anda. Karena kandungan asam malat pada buah anggur dapat membantu memutihkan gigi kuning secara alami . Jadi buat anda yang mempunyai masalah pada warna gigi disarankan mengkonsumsi buah anggur. Gigi yang putih tentunya dapat menambah percaya diri anda.

7. Mencegah katarak.
Mata merupakan jendela dunia pendapat tersebut memang benar adanya karena dengan mata yang sehat kita dapat melihat dengan leluasa apa yang ada disekitar kita. Namun pandangan tersebut sering terganggu oleh berbagai penyakit contohnya katarak. Katarak merupakan penyakit mata yang sering menjadi penyebab kebutaan. Faktor usia, genetik, Terkena paparan sinar ultraviolet, dan juga penyakit diabetes. Buah anggur  mengandung zat flavonoid yang baik untuk memelihara kesehatan mata. Flavonoid merupakan antioksidan alami yang dapat meminimalisir kemungkinan anda terkena katarak.
Sekian dulu postingan dari saya dan saya ucapkan banyak terima kasih untuk waktu yang anda luangkan guna membaca artikel saya.

Share this :

Previous
Next Post »