Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Alami

Kalian pasti pernah mengalami bibir kering dan pecah pecah, meskipun tergolong penyakit ringan namun sebaiknya harus segera diatasi. Lalu pertanyaannya sekarang cara apa atau obat apa yang kalian gunakan untuk mengobati bibir kering dan pecah pecah? Sebelum lebih jauh membahas bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah sebaiknya kita perlu tahu dulu apa saja yang menjadi penyebabnya. Bibir merupakan anggota tubuh yang sangat berpengaruh besar pada penampilan seseorang. Meskipun penyakit bibir yang kering dan pecah-pecah merupakan penyakit yang tidak berbahaya dan cukup mudah untuk disembuhkan namun jika anda mengalami kondisi seperti ini tentu sangat saja dapat  mengurangi kesempurnaan penampilan kita.

cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah
ilustrasi img : http://www.ayeey.com/

Sebelum kita membahas cara mengatasi bibir kering alangkah baiknya jika kita mengeahui apa saja yang menjadi penyebab bibir kita menjadi pecah-pecah dan kering dan diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Pasta gigi yang mengandung detergen.
Pasta gigi yang anda pakai sehari-hari juga perlu untuk anda perhatikan karena turut menyumbang untuk menjaga kesehatan bibir anda. Jenis pasta gigi yang kita gunakan sehari hari memang sering kali luput dari perhatian anda. Pengunaan detergen pada pasta gigi berguna agar busa yang dikeluarkan saat menyikat melimpah yang bertujuan untuk melonggarkan dan membersihkan plak karena jika dibiarkan plak terus mengendap pada area gigi anda akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap dan membuat gigi terlihat kuning. Bagi orang yang memiliki kecenderungan masalah dengan mulut, memakai pasta gigi yang mengandung banyak detergen justru akan memberi dampak negatif seperti luka bertambah parah yang pada akhirnya akan mengakibatkan bibir anda menjadi kering dan pecah pecah.
  • Kebiasaan menjilati bibir.
Menjilat bibir memang sering kali kita lakukan dalam keseharian kita ini dilakukan biasanya karena bibir kita terasa kering dan menjilat bibir diangap cara yang paling mudah untuk mengatasi hal tersebut. Namun tanpa kita sadari menjilat bibir justru akan menyebabkan bibir semakin kering dan pecah pecah. Perlu anda ketahui bibir memiliki kulit yang sangat tipis dan tidak bisa memproduksi kelenjar minyak.
  • Faktor cuaca.
Cuaca juga sangat berpengaruh pada kelembaban kulit seseorang termasuk didalamnya kulit bibir. 
Udara yang terlalu panas maupun terlalu dingin membuat kita mudah terserang dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi akan membuat kulit kita mudah kering dan juga memicu terjadinya bibir pecah pecah. Memperbanyak minum air putih menjadi solusi tepat untuk mengatasi dehidrasi dan juga bibir pecah pecah.
  • Kekurangan nutrisi.
Kulit yang kekurangan nutrisi kan cenderung kering, jika hal tersebut kita abaikan bukan tidak mungkin membuat bibir menjadi pecah pecah untuk itu memenuhi kebutuhan gizi harian swangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit kita.
  •  Pemakaian lipstik yang mengandung bahan kimia berbahaya secara terus menerus.
Pengunaan lipstik memang bertujuan antara lain untuk melembabkan kulit, mempercantik penampilan wajah, agar bibir tidak terlihat pucat, meningkatkan percaya diri dan karena tuntutan pekerjaan. Namun siapa sangka pemakaian lipstik secara terus menerus dapat membuat bibir kita menjadi kering. Bagi wanita lipstik mungkin adalah kebutuhan sehari hari untuk itu sebelum membeli lipstik lihatlah terlebih dahulu kandungan bahannya. Apakah mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak karena bisa saja niat untuk mempercantik penampilan wajah justru berbalik membahayakan kesehatan bibir kita. Belilah lipstip di toko toko kosmetik terpercaya jangan anda tergiur pada harga yang murah saja.
  • Mengorok saat tidur.
Apa anda memiliki kebiasaan mengorok ketika tidur..? Karena ternyata mengorok saat anda tidur membuat udara yang ada dimulut menguap sehingga membuat bibir kita kering.


Cara mengatasi bibir kering dan pecah pecah :

1. Buah tomat.

Buah tomat kaya akan vitamin C yang baik untuk untuk kesehatan kita, selain digunakan sebagai obat sariawan alami buah ini juga bisa membantu kita mengatasi bibir kering dan pecah-pecah jika melanda. Caranya cukup rutin memakan buah tomat yang segar atau jika anda tidak menyukai rasa dari buah ini anda dapat menjadikan buah ini untuk dijus terlebih dahulu.

2. Madu.

Madu bisa anda gunakan untuk mengobati bibir yang kering dan pecah pecah. Caranya oleskan madu pada bibir anda cara ini sangat efektif untuk menjaga kelembaban mulut.

3. Buah jeruk.

Buah jeruk juga kaya vitamin C yang baik untuk menjaga kelembaban mulut. Mengkonsumsi jeruk secara langsung lebih baik dari pada mengolahnya menjadi jus.

4. Perbanyak minum air putih.

Air putih sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan juga kelembaban kulit kita. Maka dari itu penuhilah kebutuhan cairan anda dengan minum air putih sekurang kurangnya 8 gelas perhari.

5. Pakailah lipstik yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Sebelum anda membeli lipstik bacalah dulu bahan pembuatnya pastikan bahan-bahannya aman untuk kita gunakan. Karena lipstik yang mengandung banyak bahan kimia tidak baik untuk kesehatan bibir anda, jangan hanya melihat keindahannya saja saat digunakan tapi anda juga harus tau resiko apa saja jika anda terus menggunakan lipstik tersebut.

6. Buah Wortel.

Wortel termasuk sayuran yang bagus untuk kita konsumsi karena selain menyehatkan tubuh kita juga menyehatkan bibir. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung jika mau atau mengolahnya menjadi masakan dan jus.

7. Minyak zaitun.

Minyak zaitun memang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Minyak zaitun juga bisa kita gunakan untuk mengobati bibir kering dan pecah pecah caranya oleskan minyak zaitun pada bibir yang pecah pecah secara merata. Lakukan setidaknya 2 x sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Secantik apapun wajah kita bila anggota tubuh yang satu ini yaitu bibir dalam keadaan kering dan pecah pecah pastinya juga akan mengurangi kecantikan yang kita miliki. Bila bibir anda kering dan pecah pecah segera atasi dengan cara diatas dijamin bibir akan kembali sehat seperti sedia kala.

Share this :

Previous
Next Post »