Obat Biduran Atau Alergi Gatal Gatal Tradisional

Biduran tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua, memang gatal yang disertai bentol-bentol yang diakibatkan oleh biduran memang sangat mengaggu kenyamanan kita. Biduran termasuk penyakit ringan yang bisa kita obati mengunakan obat tradisional. Beda daerah mungkin cara yang digunakan untuk mengobati biduran mungkin saja juga berbeda-beda. Namun terlebih dahulu anda perlu tahu apa penyebab biduran tersebut itu sebenarnya apa saja, karena sebenarnya biduran sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal dan diantaranya seperti yang saya bahas dibawah ini :

obat biduran alami
ilustrasi img : http://dulkecapi.blogspot.co.id/

1. Alergi cuaca.
Alergi cuaca sering diakibatkan oleh cuaca yang berubah ubah dan kualitas air yang kita gunakan kurang bagus . Gatal gatal yang disebabkan oleh alergi cuaca biasanya terjadi saat cuaca terlalu panas atau udara dingin. Gatal dan disertai bentol bisa muncul disekujur tubuh. Minum obat gatal maupun penghilang gatal yang alami hanya bersifat sementara tidak bisa menjamin gatal tidak datang lagi. Biasanya alergi akan sembuh total dengan sendirinya dalam yang cukup lama tergantung dari kondisi penderita. Dari beberapa cerita yang pernah saya dengar alergi cuaca akan sembuh total dalam waktu yang agak lama bahkan dalam hitungan tahun. Hal ini tentu sangat menjengkelkan karena gatal bisa datang setiap saat tanpa mengenal waktu entah itu saya lagi sedang ada acara ataupun tidak. Dan perlu diingat meminum obat gatal biasanya menimbulkan kantuk yang pasti akan sangat menganggu aktifitas yang harus kita jalani.

2. Biduran karena alergi makanan.
Biduran karena alergi makanan terjadi ketika seseorang memakan suatu makanan dan kemudian setelahnya mengalami gatal gatal. Untuk alergi yang diakibatkan oleh makanan satu satunya cara yang paling tepat mengatasinya adalah dengan menghindari makanan tersebut.

3. Biduran karena kontak langsung dengan bulu binatang atau tanaman.
Untuk yang biduran yang disebabkan oleh bulu binatang dan tanaman ini pasti pernah kita semua alami. Dan hampir bisa dipastikan jika kita bersentuhan dengan binatang seperti ulat bulu dan juga tanaman seperti padi dan jagung besar kemungkinan semua orang akan merasakan hal yang sama namun untuk orang orang tertentu yang sudah biasa bersentuhan dengan bulu binatang atau tanaman yang bisa menimbulkan gatal gatal mungkin gatal yang dirasakan akan terasa biasa saja bagi mereka. Dan tentunya akan sangat berbeda dari orang yang memiliki kulit sensitif dan orang orang yang jarang atau belum pernah bersentuhan dengan ulat bulu ataupun yang lain sebelumnya.

4. Biduran karena alergi obat.
Biduran karena alergi obat obatan akan timbul setelah seseorang tersebut minum obat tertentu. Jika anda alergi pada obat yang ada minum alangkah baiknya konsultasika pada pihak medis agar tidak salah penanganan dan segera mendapatkan solusi yang tepat.

5. Biduran yang yang disebabkan oleh darah kotor.
Darah kotor bisa disebabkan oleh faktor dari luar maupun dari dalam tubuh kita sendiri. Faktor dari luar antara lain karena polusi, asap rokok, makanan dan juga bakteri dan juga penyakit. Sedangkan faktor dari dalam ialah karena sel darah yang telah mati masih ikut mengalir dipembuluh darah yang akan berakibat kurang baik untuk kesehatan kita diantaranya jerawat, nyeri dada, bisulan, dan juga gatal gatal atau biduran. Dengan melakukan donor darah secara rutin 3 sekali ialah cara tepat untuk mengatasi darah kotor.

6. Gatal karena digigit serangga.
Gigitan serangga merupakan faktor penyebab biduran yang paling sering. Untuk menghilangkan gatal gatal karena gigitan serangga sangat mudah sekali cukup dikasih minyak tawon maka gatal akan segera hilang.

Mengobati sakit biduran memang bukan suatu hal yang sulit. Dari berbagai kasus biduran akan sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa diobati. Namun masalahnya betah apa tidak orang tersebut menahan gatal yang dirasakan. Obat untuk mengobati gatal-gatal karena biduran biasanya menimbulkan kantuk tentu ini sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa anda apabila pekerjaan ataupun kesibukan lainnya mengharuskan anda untuk berada  diluar rumah.  Selagi biduran yang kita alami masih bisa kita obati mengunakan obat tradisional kenapa tidak itu saja yang kita gunakan karena terbukti aman. Berikut ini obat biduran tradisional yang aman unuk anda coba :

1. Sambiloto.
Sambiloto bisa dengan mudah kita temui disawah sawah maupun kebun yang ada disekitar kita. Rebuslah kira kita satu genggam sambiloto dengan air bersih. gunakan untuk mandi cara ini sangat ampuh mengobati biduran.

2. Daun johar dan daun jarak
Rebuslah daun johar dengan dan jarak dan air rebusannya gunakan untuk mandi. Dijamin gatal akan segera berkurang. Didaerah tempat tinggal saya cara ini sering digunakan untuk mengobati gatal gatal karena biduran kalau didaerah kalian mungkin saja tidak sama.

3. Kunyit.
Kunyit juga dipercaya ampuh untuk mengurangi rasa gatal saat biduran menyerang. Caranya parut kunyit secukupnya lalu oleskan pada tubuh anda yang gatal.

4. Minyak tawon
 Minyak tawon telah lama digunakan untuk mengobati gatal gatal. Dengan mengoleskan minyak tawon pada bagian yang gatal dalam waktu beberapa saat gatal akan segera sembuh.

5. Asam jawa dan temulawak
Rebus asam jawa dengan temulawak tambahkan gula secukupnya tunggu hingga mendidih. Minumlah rebusan asam jawa dan temulawak tadi 3 kali sehari.

6. Leunca
 Orang jawa barat sering memanfaatkan leunca menjadi teman makan nasi dan juga lalapan. Didaerah lain leunca memang tidak begitu dikenal seperti di Jawa barat. Siapa yang mengira jika tranaman ini bisa digunakan untuk mengobati biduran. Caranya mudah sekali tumbuk tanaman leunca yang sudah dicuci bersih kemudian oleskan pada tubuh yang biduran.
Artikel terkait : Obat Panu Tradisional dan Apotek
Itulah tadi obat tradisional untuk biduran yang banyak tersedia disekitar kita yang aman untuk ada gunakan saat sedang biduran.Biduran bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus diobati memang pendapat tersebut tidaklah salah namun untuk mempercepat proses penyembuhan.

Share this :

Previous
Next Post »