Obat Untuk Gusi Bengkak Tradisional

 Obat tradisional alami untuk mengobati gusi bengkak | Gusi yang sehat umumnya berwarna merah muda namun warna gusi tidak bisa dijadikan tolak ukur apakah gusi anda sehat atau bermasalah. Yang paling mudah untuk membedakan apakah gusi kita terasa sakit atau tidak. Kalau sakit berarti ada suatu masalah dengan gusi kita. Gusi yang sakit biasanya akan diikuti oleh pembengkakaan. pembengkakan ini terjadi karena adanya peradangan pada gusi. Gusi yang bengkak juga erat kaitannya dengan sakit gigi karena gusi merupakan jaringan kuat yang membungkus tulang rahang dan menempel pada gigi sehingga apa yang terjadi pada gigi akan berdampak pada gusi. Pernah suatu saat saya mengalami gusi bengkak dan rasanya sungguh menyiksa. Keadaan yang seperti ini tentu sangat membuat saya binggung. Kalau saya pribadi memang lebih memilih cara tradisional dulu sebelum cara memutuskan untuk mengobati dengan cara medis. Bila obat tradisional tidak mampu mengobati barulah saya pergi kedokter.  Semua yang terjadi pasti ada penyebabnya begitu pun dengan gusi bengkak pasti pada mulanya ada penyebabnya.

Beberapa Penyebab Gusi Bengkak :

1. Kebersihan mulut yang kurang terjaga.

   Kebersihan mulut kita turut berdampak pada kesehatan gigi dan juga gusi kita, oleh sebab itu kebersihan mulut harus selalu dijaga agar terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang gigi dan gusi kita serta agar mulut kita tidak menimbulkan bau mulut yang tidak sedap..

2. Mengunakan Behel atau kawal gigi.

   Diawal awal pemakaian behel biasanya akan timbul rasa nyeri pada gusi bahkan hingga bengkak. Gusi nyeri dan juga sakit saat makan adalah masalah umum diawal pemakaian behel. Jadi buat kalian yang hendak memasang behel gigi atau kawat gigi ada baiknya kalian memperhatikan dampak apa saja yang akan ditimbulkan.

3. Masa hamil.

   Dulu ketika hamil anak pertama saya langsung panik saat tiba-tiba gigi saya terasa sakit dan gusi saya menjadi bengkak karena sebelumnya tidak pernah bermasalah dengan gigi maupun gusi. Dan langkah pertama yang saya lakukan ialah pergi ke bidan terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Ternyata gigi saya secara fisik tidak ada masalah, kalau begitu mungkin saja disebabkan oleh masa kehamilan saya. Ketika hamil aliran darah menuju kegusi meningkat yang disertai meningkatnya hormon estrogen dan progesteron dan ternya haltersebut yang membuat gusi saya menjadi bengkak.

4. Kekurangan vitamin C.

   Kekurangan vitamin C bisa menimbulkan sariawan dan juga gusi bengkak. Untuk itu penuhi kebutuhan Vitamin C tubuh anda agar sariawan menjauh dan gusi menjadi sehat.

5. Radang gusi.

   Sisa makanan yang tidak dibersihkan apabila dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan plak pada gigi, Jika sudah plak bisa menimbulkan radang gusi yang bisa membuat gigi anda menjadi rapuh dan gusi anda biosa menjadi sakit dan bengkak.

obat gusi bengkak alami
ilustrasi img : http://bramardianto.com/
Obat Gusi Bengkak Alami :

1. Minyak cengkeh.

Minyak cengkeh sering kali digunakan sebagai minyak gosok untuk mengobati berbagai keluhan contohnya mengobati gusi bengkak. Oleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang sedang bermasalah. Pengunaan minyak cengkeh akan memberikan rasa hangat yang akan mempercepat penyembuhan gusi yang bengkak. Cara lain gosokkan minyak cengkeh secara perlahan pada pangkal telinga anda.

2. Berkumur dengan air garam.

Garam merupakan bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk mengobati gusi yang sedang bengkak. Campurkan satu sendok makan garam dengan setengah gelas air hangat selanjutnya pakailah untuk berkumur kumur.

3. Kompres dengan air hangat.

Alternatif selanjutnya adalah dengan mengkompres dengan air hangat. Basahi kain dengan air hangat lalau gunakan untuk mengompres pipi anda cara ini sangat ampuh untuk mengurangi rasa nyeri dan juga mengempeskan gusi yang sedang bengkak.

4. Perbanyak minum air.

Minum air putih yang cukup sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dengan cukup minum air putih membuat badan lebih segar serta memperbanyak produksi air liur seperti yang kita ketahui kalau air liur berperan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada dimulut kita. Itu artinya minum cukup air putih akan sangat membantu mengembalikan keadaan gusi kita seperti semula.

5. Makan makanan yang cukup nutrisi.

Makan makanan yang mengandung nutrisi yang cukup sangat membantu dalam pemulihan sakit gusi bengkak yang anda alami.

6. Dengan memijat.

Memijat pada bagian pangkal telinga mengunakan minyak gosok sangat membantu untuk menyembuhkan gusi yang bengkak. Memijat memberikan efek menenangkan sehingga selain mengurangi rasa nyeri juga mempercepat penyembuhan.

7. Kumur dengan perasan lemon.

Selain garam air perasan jeruk lemon juga bisa anda gunakan untuk menyembuhkan gusi yang bengkak. Campur perasan jeruk lemon dengan sedikit air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

Jika gusi anda yang bengkak tak kunjung sembuh meski sudah anda obati mengunkan cara tradisional segeralah pergi kedokter supaya segera mendapatkan penangganan medis yang tepat.

Share this :

Previous
Next Post »