Macam Macam Obat Batuk Tradisional Alami Yang Dipercaya Banyak Orang

Batuk merupakan salah satu penyakit yang biasanya menyerang anak- anak maupun orang dewasa. Pada saat batuk menimpa keluarga saya, biasanya kami selalu menggunakan obat batuk tradisional yang berupa tumbuh- tumbuhan alami yang terdapat disekitar lingkungan rumah saya. Bukannya saya tidak mempercayai khasiat dari obat modern yang ada saat ini tapi memang kebetulan tempat tinggal saya cukup jauh dengan lokasi pertokoan dan apotek, jadi jika batuk melanda, kami sekeluarga sudah terbiasa menggunakan obat batuk tradisional.

   Penyebab sakit batuk terjadi karena beberapa faktor contohnya saja karena peradangan, karena polusi asap kendaraan dan rokok maupun debu- debu yang beterbangan disekitar kita, sehingga hal ini menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan yang tidak lain penyebabnya adalah bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh kita. Dan juga satu hal lagi yang perlu kalian ketahui bahwa sakit Flu yang berlebihan juga bisa mengakibatkan batuk. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada kalian mengenai macam macam obat batuk tradisional yang sudah terbukti khasiatnya serta sudah turun temurun dipercaya banyak orang sejak nenek moyang kita, dan berikut adalah macam macam tumbuhan yang dapat digunakan untuk meredakan batuk.

obat batuk alami tradisional
ilustrasi img : http://www.perutgendut.com/


1. Jahe.
   Khasiat jahe untuk mengobati batuk memang sudah terkenal sejak dulu dan hingga saat ini jahe masih tetap dipercaya banyak orang sebagai obat batuk alami yang terbukti ampuh. Ada bermacam- macam jenis jahe yang tumbuh disekitar tempat tinggal kita damn diantaranya adalah jahe gajah, emprit dan jahe merah. Jahe emprit dan jahe merah lebih sering dimanfaatkan untuk kesehatan sedang jahe gajah lebih banyak dimanfaatkan untuk bumbu masak.Jahe merah dan emprit memiliki rasa pedas hangat yang lebih kuat dibandingkan jahe gajah maka dari itulah jahe merah dan empritlah yang cocok untuk meredakan batuk anda. Caranya mudah sekali yaitu ambil 3 rimpang jahe kemudian cuci bersih panaskan pada bara api keprek lalu seduh bersama gula dan segelas air hangat. Minum selagi masih hangat. Selama masih batuk lakukan hal ini pagi dan sore.

2. Jeruk nipis.
   Mungkin memang sudah tidak asing lagi jika air perasan jeruk nipis dapat meredakan batuk berdahak maupun tidak berdahak secara efektif. Cara mengobati batuk dengan jeruk nipis sangat mudah cukup peras setengah jeruk nipis lalu tambahkan sedikit kecap dan dapat kalian minum 3x sehari. Cara ini sudah terbukti cukup ampuh untuk mengobati batuk.

3. Daun jinten.
   Daun jinten dapat juga kita pergunakan sebagai obat pereda batuk yang cukup manjur. Untuk meredakan batuk daun jinten dibuat botok dicampur sedikit tempe yang sudah busuk agar rasanya lebih enak. Caranya daun jinten cuci bersih lalu iris tipis- tipis. buat bumbu botok yaitu bawang merah, bawang putih dan cabe uleg kemudian anda dapat menambahkan parutan kelapa lalu tambahkan juga sedikit tempe busuk, kemudian campur menjadi 1 bungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus. makan pagi dan sore. Cara seperti ini memang sekarang jarang sekali digunakan karena ketersediaan daun jinten yang cukup susah dicari. namun cara ini sebenarnya sangat efektif digunakan untuk mengatasi batuk.

4. Asam jawa.
   Asam jawa juga bisa juga kita gunakan untuk mengobati batuk. Caranya seduhlah asam jawa dan gula merah bersama segelas air yang masih hangat kemudian segeralah diminum selagi masih hangat.

5. Obat batuk alami menggunakan buah blimbing wuluh dan bunganya.
   Tak hanya buahnya saja yang bermanfaat namun bunga blimbing wuluh juga bisa dipergunakan untuk mengobati batuk. Cara penyajiannya ambil satu gengam blimbing wuluh, cuci bersih lalu parut halus saring airnya tambahkan garam sedikit. sedangkan untuk bunganya cuci bersih rebus dengan segelas air lalu ambil airnya untuk diminum.

6. Kencur.
   Khasiat kencur dalam menyembuhkan batuk memang terbukti sangat ampuh. Cara penggunaanya ambil beberapa ruas kencur kemudian parut ambil sarinya dengan disaring untuk diminum airnya.

Artikel terkait : Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Yang Aman Untuk Dikonsumsi

   Itulah beberapa tumbuhan yang sampai saat ini dipercya banyak orang sebagai obat batuk tradisional alami, Namun bila dirasa kondisi batuk anda juga belum mereda setelah mengkonsumsi beberapa obat batuk tradisional yang telah saya sebutkan diatas segeralah konsultasikan dengan dokter anda.

Share this :

Previous
Next Post »