Anak Anda Sakit Demam? Coba Obat Demam ini

Obat demam yang efektif untuk anak - Demam merupakan salah satu penyakit yang kerap sekali menyerang anak-anak, banyak faktor yang bisa menjadi penyebab anak kita terkena sakit panas dan salah satunya adalah flu. Sebagai orang tua yang bijak ada baiknya jika kita selalu menyediakan obat penurun panas anak dirumah untuk antisipasi jika sikecil tiba-tiba terkena demam mendadak. Mengingat musim hujan seperti saat ini bukannya tidak mungkin kalau tiba-tiba buah hati kita terserang sakit flu dan akhirnya sakit demam. Jangan panik bunda kalau buah hati anda terserang demam. Karena suatu kepanikan bisa memicu tindakan yang salah sehingga akan memperkeruh keadaan. Demam ialah reaksi tubuh kita dalam melawan infeksi akibat virus dan bakteri. Dikatakan demam apabila suhu tubuh berada diatas 37.5 derajat celcius dan bisa dibilang menghawatirkan jika suhu tubuh mencapai 39 derajat celcius. Untuk dapat mengetahui secara pasti apakah sudah bisa dibilang demam atau tidak gunakan thermometer. Sekarang ini thermometer bukan menjadi barang yang mahal karena dipasaran thermometer dijual dengan harga sangat terjangkau dan sangat mudah kita dapatkan di apotek. Demam yang disebabkan oleh penyakit yang tergolong ringan memang bisa sembuh dengan sendirinya namun agar lebih cepat dalam penyembuhan sebaiknya segera diobati. 

Cara Mengatasi Anak Demam
ilustrasi img : http://hamil.co.id/bayi/

Demam pada anak anak bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain :
1. Paska imunisasi.
Imunisasi seperti Dpt atau difteri pada balita sering kali menjadikan buah hati kita tiba tiba demam. Panas paska imunisasi wajar terjadi pada balita untuk itu jangan lekas panik apabila bayi anda panas setelah di imunisasi. Banyak para orang tua yang enggan mengimunisasikan buah hatinya karena setelah di imunisasi menjadi rewel. Imunisasi penting meski setelah itu bayi kita menjadi panas dan rewel.

2. Tumbuh gigi.
Apakah anak anda mengalami panas ketika giginya sedang tumbuh? Memang tidak semua bayi mengalami demam ketika sedang tumbuh gigi namun ini suatu yang wajar dan tidak perlu di khawatirkan.

3.Gigitan nyamuk seperti malaria, demam berdarah dan chikungunya.
Kalau demam karena gigitan nyamuk memang harus segera mendapatkan pertolongan medis karena bisa membahayakan nyawa. Apabila buah hati anda mengalami demam lebih dari 3 hari sebaiknya segera pergi ke dokter untuk tes laboratorium apakah demam karena gigitan nyamuk berbahaya atau bukan.

4.Radang tenggorokan.
Radang ialah suatu keadaan dimana dinding tenggorokan menebal atau luka yang diakibatkan karena sering makan makan terlalu pedas, panas, dingin atau bisa juga karena aktfitas tenggorokan yang berlebihan seperti teriak teriak.

5. Kecapekan.
Kecapekan atau kelelahan bisa membuat tubuh si kecil terserang demam.
6.Terlalu lama dibawah terik matahari
Terlalu lama di bawah terik matahari bisa meningkatkan suhu tubuh menjadi panas. Sebaiknya hindarkan bayi anda terlalu lama dibawah terik matahari.

Demam biasanya disertai gejala gejala seperti berikut ini :
=> Sakit kepala.
=> Sakit pada otot-otot.
=> Diare dan mual muntah.
=> Flu dan batuk.
=> Lemas atau kelelahan.
=> Radang tenggorokan.
=> Mengigil kedinginan.
=> Keringat dingin.
=> Nafsu makan menurun.

Cara Menurunkan Panas Anak :
1. Kompres dengan air hangat.
Salah satu cara sederhana agar demam pada anak segera turun ialah mengkompres. Mengkompres bisa pada dahi, atau ketiak yang menjadi pusat panas suhu tubuh. Basahi kain lalu peras kemudian tempelkan pada ketiak atau dahi. Apabila kain sudah berubah menjadi dingin celupkan kembali pada air hangat dan peras. Ulangi hingga suhu badan anak anda menurun.

2. Beri anak anda kenyamanan.
Ketika anak-anak terkena sakit panas biasanya jadi rewel apalagi mendengar suara bising, Untuk itu hindarkan anak anda dari suara keramaian ketika dia sedang demam atau sedang tidak enak badan. Cara ini adalah sebagai upaya untuk memberi kenyamanan pada anak yang sedang sakit agar bisa istirahat dengan nyamanan sehingga mempercepat penyembuhan. Usahakan untuk tidak mengendongnya atau setidaknya jangan digendong terlalau lama karena ketika kulit saling menempel akan dapat meningkatkan suhu tubuh.

3. Perbanyak minum air putih.
Air putih sangat dibutuhkan ketika seseorang sedang menderita demam untuk mencegah dehidrasi dan juga menetralkan suhu tubuh.

4. Berikan obat sakit demam anak.
Bila mana diperlukan berilah buah hati anda obat sakit demam seperti Parasetamol dan Ibuprofen. Untuk obat-obatan yang mengandung Aspirin jangan diberikan pada anak-anak karena bisa berakibat fatal. Berikan anak anda obat sesuai aturan pakainya atau dosisnya supaya tidak terjadi kesalahan dalam pemberian dosisnya.

5. Mandikan anak anda dengan air hangat.
Kalian bisa memandikan anak yang sedang demam dengan cara mengelap dengan kain lap yang dibasahi air hangat agar tubuh kita bersih dari kuman dan supaya tidak risih karena kotoran yang menempel di badan.

6. Pakaikan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat.
Kebiasaan dari sebagian orang ketika buah hati panas ialah dengan membungkus tubuhnya mengunakan pakaian yang tebal dan rapat. Ini sebenarnya adalah cara yang salah yang benar ialah memberikan sianak dengan pakaian yang tipis agar panas tubuh dapat menguap. Namun biasanya ketika tubuh terasa panas kemudian menjadi dingin mengunakan pakaian tebal tidak masalah asalkan saat suhu tubuh naik menjadi panas sebaiknya dilepas dan ganti dengan pakaian tipis dan mudah menyerap keringat supaya panas segera turun.
Artikel terkait : Tips Mudah Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi.
Itulah obat demam anak yang sederhana yang bisa anda coba ketika buah hati sedang dilanda demam. Namun apabila demam berlangsung lebih dari 3 hari segera pergi kedokter untuk mengetahui apa penyebabnya dan juga segera mendapat pertolongan supaya anak anda segera sembuh.

Share this :

Previous
Next Post »