Beberapa Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memasang Kawat Gigi atau Behel

Pemasangan kawat gigi atau behel menjadi alternatif yang banyak diminati untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rata. Pada dasarnya pemasangan behel lebih bertujuan untuk kesehatan gigi namun kenyataan memakai behel sering digunakan untuk ajang gaya-gayaan semata. Kenapa kok bisa dikatakan pemakaian kaewat gigi bermanfaat untuk kesehatan? ya karena susunan gigi yang tidak rata menyulitkan kita untuk membersihkan sisa makanan yang bersarang digigi sehingga meningkatkan resiko terbentuknya plak atau karang gigi, penyakit gusi dan penyakit periodontal atau penyakit yang menyerang jaringan pendukung yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangganya.Manfaat lainnya adalah mencegah masalah serius pada rahang nyeri oleh gigi yang akan tumbuh namun tidak ada tempat yang tersisa untuk gigi tersebut. Masah rahang gigi yang nyeri ini juga sangat mengaggu kita dalam mengunyah dan berbicara sehingga pada saat mengunyah ataupun berbicara gusi menjadi sering tergigit yang akahirnya jadilah sariawan.

Tips sebelum memasang kawat gigi
ilustrasi img : http://klinikjoydental.com/

Kapan waktu yang tepat untuk memakai kawat gigi...?
   Masalah pada susunan gigi biasanya muncul saat gigi permanen tumbuh yaitu antara umur 4 - 8 tahun. Pada masa masa itu susunan gigi yang tidak diharapkan sering terjadi namun lebih mudah dibenahi  karena tulang wajah masih berkembang. Dewasa ini pemakaian kawat behel tak lagi didominasi oleh anak anak, Orang dewasapun tak mau ketinggalan untuk memperbaikai susunan giginya. Namun pada orang dewasa tentu saja butuh waktu yang lebih panjang dari pada anak-anak karena memang sudah tidak dalam masa pertumbuhan lagi. Sebelum mengunakan kawat gigi ada hal hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan anda.

Tips sebelum memasang kawat gigi :
1. Perlukah anda memasang kawat gigi.
Apa tujuan anda memasang kawat gigi apakah sekedar mengikuti trend atau memang untuk kesehatan. Jika memang untuk tujuan kesehatan gigi yaitu membenahi letak gigi memakai kawat gigi sah sah saja untuk dilakukan. Namun jika untuk mengikuti trend sebaiknya urungkan saja niat anda karena biaya pemasangan behel yang harus anda keluarkan cukup besar belum lagi masalah yang timbul setelah kawat selesai dipasang tentunya akan menimbulkan banyak pantangan yang harus di hindari.

2. Menyediakan uang lebih untuk pemasangan dan perawatan selama memakai kawat gigi.
Untuk memasang kawat gigi kita membutuhkan uang yang tidak sedikit. Setelah kawat gigi dipasang kita juga masih butuh perawatan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

3. Pilihlah dokter gigi yang sudah berpengalaman memasang kawat gigi.
Sebelum memasang kawat gigi anda harus menentukan pilihan siapa dokter gigi yang anda percaya untuk memasangkan kawat gigi. Memasang kawat gigi harus dilakukan oleh orang ahli yang sudah kompeten. Jangan tergiur biaya yang murah karena bisa membahayakan kesehatan gigi dan mulut anda. Sekarang ini penjual jasa pasang kawat gigi yang membuka praktek tanpa izin yang mengiming imingi biaya murah hasil bagus bisa dengan mudah kita jumpai. Untuk yang satu ini anda jangan mudah tergiur karena belum tentu mereka menguasai ilmu memasang kawat gigi dan belum tentu juga alat alat yang digunakan maupun prakteknya sesuai standart kedokteran. Jangan sampai pasang kawat gigi yang tujuan awalnya membenahi letak gigi justru menimbulkan masalah dikemudian hari

4. Ketahui plus dan minus memakai kawat gigi.
Memakai kawat gigi juga ada plus minusnya untuk itu sebelum memasang kawat gigi anda perlu tahu plus minusnya. Untuk mendapatkan gigi yang tersusun rapi memerlukan waktu yang relatif lama. Pada awal behel terpasang anda harus berjibaku dengan rasa sakit yang ditimbulkan makanan favorit juga sementara anda jauhi.
Artikel terkait : Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami.
Untuk mendapatkan gigi yang tersusun rapih dengan jalan mengunakan kawat gigi tidaklah semudah dan secepat yang kita bayangkan butuh  waktu yang lama, biaya yang tidak sedikit dan butuh pengorbanan lain seperti tidak boleh makan makanan sesuka hati kita. Pikirkan matang matang sebelum memasang kawat gigi agar anda tidak menyesal dikemudian hari.

Share this :

Previous
Next Post »