9 Manfaat Penting kulit manggis Untuk Kesehatan

Selain buahnya yang sangat manis ternyata kulit dari buah manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Buah manggis termasuk buah yang menjadi primadona saat ini. Bagaimana tidak selain daging buahnya yang terasa manis dan segar nikmat dilidah ternyata juga banyak manfaatnya. Siapa yang tak suka menikmatinya sudah enak besar pula manfaatnya untuk kesehatan kita. Buah manggis termasuk buah musiman artinya hanya berbuah pada waktu tertentu.Walaupun begitu harga manggis dipasaran termasuk masih terjangkau dikantong kita di bandingkan dengan manfaat yang kita dapatkan jika mengkonsumsinya. Sama seperti buah musiman lainnya bila tidak sedang musim panen buah ini termasuk sangat sulit dicari namun apabila telah tiba masa panen dimana mana banyak orang jualan buah manggis.

9 Manfaat Penting kulit manggis Untuk Kesehatan

Dewasa ini bermacam macam penyakit yang berbahaya seakan akan menghantui kehidupan kita. Faktor alam dan gaya hidup sangat berpengaruh besar pada kesehatan kita. Ulah manusialah yang menjadikan alam tidak lagi bersahabat dengan kita. Polusi dimana mana baik polusi udara maupun air yang menyebabkan bermacam macam penyakit. Maka dari itu kita harus pandai pandai menjaga kesehatan kita dan keluarga agar terhindar dari penyakit. Untuk mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker, strok, diabetes dan lainnya anda dapat mengkonsums buah manggis sebagai penangkalnya. Selain buahnya ternyata kulit manggis juga begitu besar manfaatnya untuk mengatasi beberapa penyakit berbahaya. Baik buah maupun kulitnya memang tak bisa diragukan lagi. kini kulit manggis banyak diolah menjadi ekstrak dengan tujuan untuk mempermudah dalam mengkonsumsinya. Untuk menghemat kantong  kalian dapat membuat ramuan dari kulit manggis sendiri dirumah, dengan begit anda tak perlu megeluarkan uang untuk membeli ekstrak kulit manggis. Tak usah kawatir untuk kualitas dijamin tidak kalah dari ekstrak kulit manggis yang beredar dipasaran. Berikut manfaat kulit manggis untuk kesehatan :

1. Sebagai obat herbal untuk mencegah maupun mengobati penyakit kanker 

Kanker termasuk dalam penyakit yang berbahaya karena beresiko mematikan pada penderitanya. Bahkan banyak yang merasa berkecil hati, dan merasa harapan untuk sembuh sangat kecil jika sudah terkena penyakit kanker. Beberapa penelitian oleh para ahli membuktikan dalam kulit manggis terdapat senyawa xanthone yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Senyawa xanthone biasa terdapat pada beberapa tumbuhan buah namun yang ada pada kulit manggis lah yang paling tinggi konsentrasinya. 

2. Meremajakan kulit

Kita semua pasti lah ingin tetap terlihat awet muda meskipun usia sudah semakin menua. Di dalam kulit manggis terkandung antioksidan alami yang dapat membantu meremajakan kulit.  Antioksidan pada kulit manggis berfungsi meregenerasi sel kulit sehingga kulit tetap terlihat kencang. Nah buat kalian para wanita yang ingin terlihat selalu cantik bisa mencoba cara alami mengencangkan kulit wajah menggunakan kulit manggis ini.

3. Mengatasi diare

Manfaat kulit mangis untuk mengatasi diare memang belum populer dikalangan masyarakat meskipun sebenarnya khasiat kulit manggis dalam mengatasi diare sangat manjur. Sebagian besar masyarakat hanya tahu manfaat kulit manggis sebagai herbal anti kanker karena memang yang gencang di infokan pada masyarakat luas hanya manfaat kulit manggis untuk kanker. Kini setelah anda tahu khasiat lain dari kulit manggis anda dapat mencobanya ketika diare menyerang.

4. Obat Sariawan Alami

Saat sariawan menyerang sudah pasti membuat anda sangat tidak nyaman. Apalagi pada saat makan seberapa lezatnya makanan yang kita makan apabila sedang sariawan tidak akan terasa lezat. Untuk mengatasinya anda bisa memanfaatkan kulit manggis sebagai obat herbal pengusir sariawan.

5. Memelihara kesehatan jantung

Dalam kulit manggis terkandung mineral seperti tembaga, mangan, magnesiun dan kalium yang berguna untuk memelihara kesehatan jantung.

6. Memperbaiki sekaigus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Mempercepat proses penyembuhan luka.

8. Membentu menurunkan kadargula dalam darah, jadi kulit manggis ini sangat baik dikonsumsi para penderita yang memiliki masalah kadar gula yang tinggi.

9. Kulit manggis sangat bagus dikonsumsi para wanita yang sedang menjalankan diet.


Cara mengkonsumsi kulit manggis

Bagi anda yang menyukai segala sesuatu yang simple pasti anda akan memilih mengkonsumsi kulit manggis yang sudah diolah menjadi ekstrak karena mudah tinggal minum saja. Namun jika ingin mencoba mengolahnya sendiri ada 2 cara yang bisa anda lakukan yakni dengan mengolahnya menjadi teh dan jus. Untuk membuat teh mudah saja caranya keringkan 5 kulit manggis dibawah terik matahari. Setelah kering rebus kulit manggis dengan 3 gelas air tunggu hingga airnya agak berkurang. Angkat dari perapian lalu diamkan hingga dingin setelah dingin kemudian saring. Minumlah pada pagi dan sore hari. Sedangkan untuk dibuat jus bersihkan kulit manggis dari kulit luarnya. Lalu blender hingga halus bersama dengan air secukupnya.  Setetah itu rebus dengan 4 gelas air tunggu hingga mendidih. Angkat diamkan agar dingin lalu saring tambahkan madu atau susu agar tidak terasa hambar.
Artikel terkait :
5 Manfaat Makan Buah Manggis Untuk Tubuh

Efek samping mengkonsumsi kulit manggis

Meskipun kulit mnaggis merupakan obat herbal namun apabila dikonsumsi secara berlebih juga tidak baik untuk kesehatan. Niat mengobati justru malah menimbulkan masalah baru jika herbal kulit manggis dikonsumsi diatas dosis yang dianjurkan. Para pakar batas aman mengkonsumsi kulit manggis tidak boleh lebih dari 750 gram. Pada anda yang memiliki riwayat penyakit maag mengkonsumsi kulit manggis biasanya menimbulkan efek kembung hingga mual ingin muntah. Efek samping yang lainnya kulit gatal gatal, kulit memerah, kulit bersisik, nyeri otot, nyeri sendi, susah tidur. Setelah anda mengkonsumsi kulit manggis sebaiknya juga dibarengi minum air putih yang banyak agar endapan kulit manggis tidak bersarang di ginjal anda. Karena apabila endapannya bersarang diginjal anda dapat menganggu kinerja ginjal.

Nah sekarang anda sudah tahu kan kalau manfaat kulit manggis untuk kesehatan sangat besar. Makanya sekarang kalau makan buah manggis selesai makan kulitnya jangan langsung dibuang anda dapat memanfaatkannya menjadi obat herbal yang berkhasiat mengatasi berbagi penyakit.

Share this :

Previous
Next Post »