Manfaat Buah Naga dan Khasiatnya Untuk Tubuh Kita

Manfaat Buah Naga dan Khasiatnya | Siapa yang tak tahu dengan yang buah yang satu ini. Buah naga memiliki ciri fisik yang unik yakni menyerupai naga serta didalam daging buahnya terdapat butiran kecil kecil hampir mirip dengan biji selasih. Dibalik bentuk buahnya yang unik buah naga juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain nikmat dimakan begitu saja buah naga juga bisa diolah menjadi beberapa menu olahan minuman yang lezat dan segar seperti jus dan sup buah. Ada 4 jenis buah naga yang :

1. Buah naga putih
.Buah naga putih memiliki ciri ciri kulit buah berwarna merah dan paling tinggi antioksidannya. Jenis buah naga mudah ditemui ditoko buah maupun swalayan.


buah naga putih


2. Buah naga kuning.
Mempunyai ciri-ciri warna kulit buahnya kuning dan daging buahnya juga kuning. Rasanya paling manis diantara jenis lainnya. Buah naga kuning terbilang masih jarang kita jumpai dipasaran hanya di supermaket tertentu saja 


buah naga kuning

3. Buah naga merah.
Mempunyai ciri-ciri warna kulit buah merah serta daging buahnya berwarna merah muda.
Dari semua jenis buah naga buah naga merah paling mudah kita jumpai dimana mana baik di toko buah, pasar maupun swalayan.


buah naga merah

4. Buah naga hitam.
Seperti namanya buah naga hitam juga memiliki daging buah yang hitam. Warna hitam pada daging buah didapatkan dari pupuk yang dipakai yakni black natural.  Black natural mengandung tinggi betakaroten yang dapat mempengaruhi perubahan warna pada buah naga. Pada dasarnya keempat jenis buah naga ini memiliki ciri fisik yang sama hanya warnanya saja yang membedakan. Buah naga hitam terbilang masih sangat jarang ditemukan dipasaran. Di Indonesia sendiri buah naga hitam masih sangat minim sekali keberadaannya karena varietas ini tergolong baru dan masih sangat sedikit petani yang membudidayakan jenis ini.


buah naga hitam



Buah naga kaya akan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Buah naga sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal penyakit kanker. Kanker merupakan momok yang menakutkan bagi sebagian orang karena sangat berbahaya. Bila terlambat penanganan bisa bisa nyawa taruhannya. Untuk mencegah penyakit kanker minumlah jus buah naga sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

2. Buah naga kaya akan mineral fosfor dan kalsium untuk kesehatan tulang, gigi dan perkembangan sel dalam tubuh. Mineral dan fosfor sangat dibutuhkan tubuh untuk memelihara kekuatan tulang, gigi, serta perkembangan sel.

3. Buah naga banyak mengandung serat. Mengkonsumsi buah naga sangat dianjurkan untuk anda yang bermasalah dengan pencernaan. Jika susah buang air besar segera saja makan buah naga dijamin buang air besar jadi lancar.

4. Mencegah osteoporosis/pengapuran tulang.
Buah naga kaya akan kalsium fosfor dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tulang dan juga dapat memperbaiki jaringan sel yang rusak.

5. Mengobati diabetes.
Penyebab diabetes adalah tingkat gula darah yang tidak terkontrol karena hormon insulin yang tidak bekerja sesuai mestinya yaitu mengatur kadar gula dalam darah.. Buah naga mengandung serat alami yang dapat membantu menstabilkan gula darah anda.

6. Biji buah naga mengandung lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Kolestrol berlebih akan memicu berbagai masalah kesehatan antara lain kegemukan, darah tinggi, gangguan jantung dll. 

7. Buah naga juga memiliki manfaat yang baik untuk memelihara kesehatan kulit anda agar tampak bersih kencang dan halus. Selain di makan langsung juga bisa anda haluskan lalu gunakan untuk lulur. 

Artikel terkait : Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah

Demikianlah sedikit informasi mengenai beberapa manfaat buah naga dan khasiatnya untuk kesehatan. 

Share this :

Previous
Next Post »