8 Manfaat Buah dan Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Buah pepaya merupakan salah satu buah pencuci mulut yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena buah ini memang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan tentunya jika kita sering mengkonsumsi buah pepaya tubuh kita akan terasa selalu segar sebab kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita dapat terpenuhi. Tak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, namun biji, daun bahkan akar pepaya juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengobati berbagai penyakit. 

manfaat buah pepaya
ilustrasi img : http://www.zonamedis.com/

Manfaat Daun, akar dan Buah Pepaya :

1. Melancarkan buang air besar.
   Jika anda mempunyai gangguan pencernaan misalnya susah buang air besar, cara yang mudah anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengkonsumsi buah pepaya atau kates yang sudah matang. Karena pepaya yang matang banyak mengandung vitamin C yang bisa membantu memudahkan buang air besar yang anda alami dan juga bisa mengatasi sembelit. Cara seperti ini sudah sering kali saya pergunakan jika saya mengalami gangguan buang air besar dan hasilnya memang benar benar manjur.

2. Manfaat daun pepaya sebagai pencegah demam malaria.
  Jika musim penghujan mulai datang, ada baiknya jika anda selalu waspada pada serangan demam berdarah atau demam malaria. Karena pada musim penghujan nyamuk malaria akan sangat mudah berkembang biak pada saluran air yang tidak mengalir, atau pada tempat-tempat lembab dan basah lainnya. Untuk menjaga keluarga anda dari serangan demam berdarah sebaiknya anda rajin mengkonsumsi daun pepaya. Tumbuk  halus daun pepaya lalu peras airnya dan diminum sehari satu kali atau juga dapat dimasak dan dijadikan sayur. Memang rasanya sangat pahit sekali namun cara ini cukup efektif untuk penangkal serangan nyamuk malaria.

3. Manfaat daun pepaya untuk mencegah demam nifas.
   Selain sebagi penangkal nyamuk demam berdarah daun pepaya juga bermanfaat untuk mencegah demam nifas. Caranya petik 3 lembar daun pepaya yang sudah tua, lalu cuci bersih kemudian berilah air 2 gelas peras rebus dan sisakan hingga 1 gelas.

4. Manfaat akar pepaya untuk melancarkan buang air besar.
Selain buahnya bisa anda gunakan untuk mengatasi susah buang air besar ternyata akar pepaya juga memiliki khasiat yang sama yakni mengatasi susah buang air besar. Caranya ambil 3 akar pepaya kemudian rebus dengan 1 gelas air sisakan setengah gelas. Anda juga bisa menambahkan sedikit gula atau madu untuk menyamarkan rasa pahit yang menjadi ciri khas tanaman pepaya.

5. Membantu menambah nafsu makan.
   Buat anda yang merasa mempunyai keluhan nafsu makan berkurang anda bisa mencoba alternatif berikut ini : Petik 2 lembar daun pepaya yang sudah tua, lalu tumbuk, kemudian tambahkan air 1/4 gelas terus diperas dan tambahkan juga garam.

6. Menurunkan darah tinggi.
  Jika anda menderita penyakit tekanan darah tinggi tidak usah terburu-buru membeli obat apotik yang harganya cukup mahal. Banyak alternatif lain yang bisa anda coba untuk mengobati penyakit ini dan diataranya dengan memanfaatkan buah pepaya muda, caranya ambil pepaya yang masih muda, lalu diparut dan diambil airnya. Minum air dari parutan buah pepaya muda tadi satu kali sehari selama 3 hari berturut turut.

7. Untuk melancarkan asi.
   gangguan asi yang tidak lancar memang kerap sekali dialami oleh ibu yang baru saja menyusui, jika dibiarkan kondisi seperti ini terus menerus maka akibatnya buah hati anda akan rewel terus karena merasa lapar.
Buat ibu-ibu yang sedang menyusui jika mempunyai masalah asi yang tidak lancar anda bisa mencoba menggunakan daun pepaya, caranya ambil dua lembar daun pepaya, kemudian layukan dan tempelkan pada daerah sekitar payudar4.

8. Mengobati sakit gigi.
   Buat anda yang mengalami sakit gigi yang tidak juga sembuh meski telah mencoba berbagai obat anda bisa menggunakan getah dari buah pepaya untuk mengobatinya, caranya cukup teteskan getas pepaya area gigi yang terasa sakit. Jika tak juga dirasakan ada perubahan anda bisa mencoba obat sakit gigi alami lainnya pada artikel ini : Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Paling Ampuh.

Artikel terkait : Intip Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Yang Tersembunyi
    Nah diatas adalah beberapa manfaat pepaya mulai dari buah, daun sampai akarnya. Jika kalian merasa memiliki masalah kesehatan sama seperti apa yang sudah saya tuliskan diatas mungkin bisa mencoba menggunakan tumbuhan ini untuk mengobatinya.

Share this :

Previous
Next Post »