Beberapa Faktor Penyebab Sakit Gigi

Sebenarnaya penyebab sakit gigi itu apa sih..?? Mungkin dari kalian yang sedang membuka halaman ini sedang mengalami masalah ini. Mungkin dari kita sering mengalami sakit gigi kemudian dapat sembuh dengan meminum obat kemudian selang beberapa hari sakit gigi tersebut kambuh kembali. Tentunya hal ini akan membuat kita frustasi dan sebaiknya sebelum anda mengobatinya kenali terlebih dahulu penyebab sakit gigi yang anda derita. Nah pada postingan kali ini saya akan membahas hal tersebut dan simaklah ulasan berikut.
   Gigi termasuk bagian vital pada manusia dan yang apabila terjadi sakit akan mempengaruhi segala aktivitas kita. Sakit gigi tidak mengenal usia, anak kecilpun bisa terserang sakit gigi. ketika sakit gigi menyerang maka seluruh badan akan ikut merasakan. Sering kali jika sakit gigi menyerang kita biasanya emosi kita akan lebih sensitif misalnya mudah marah-marah tanpa alasan yang jelas.

penyebab sakit gigi


Beberapa Faktor Penyebab Sakit Gigi

1. Kerusakan pada gigi.

   Kerusakan pada gigi merupakan penyebab paling umum sakit gigi. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat gula berlebih membuat gigi anda bermasalah. Bila anda lalai dalam menjaga kesehatan gigi kebiasaan mengkonsumsi zat gula berlebih dapat menimbulkan gigi berlubang. Gigi berlubang bukan disebabkan oleh ulat tetapi oleh bakteri dari sisa makanan yang tidak dibersihkan.  Sisa makanan yang menempel pada gigi berpotensi ditumbuhi bakteri yang dapat merusak gigi.


2. Tambalan gigi sementara.

   Sering kali seseorang melakukan penambalan gigi tanpa melakukan perawatan gigi sebelum ditambal. Banyak yang mengira gigi yang sudah ditambal sudah terbebas dari rasa sakit. Mungkin dari anda ada yang bertanya tanya kenapa kok penambalan gigi sementara masih juga bisa sakit atau nyeri saat mengunyah. Ini dikarenakan masih ada bakteri didalam rongga gigi sehingga kemungkinan besar sakit lagi masih ada. Kalau memang anda masih ingin mempertahankan gigi anda sebaiknya lakukan perawatan dulu sebelum ditambal.

3. Tumbuhnya gigi belakang atau geraham

   Banyak kasus seseorang mengeluhkan sakit saat gigi geraham paling belakang tumbuh. Sakitnya hingga berulang ulang. Saat kita mengunyah sesuatu akan terasa sangat sakit sekali. Biasanya hal ini disebabkan oleh kurangnya tempat tumbuh gigi baru. Gigi tidak tumbuh dengan sempurna dan menyebabkan gusi terluka. pergilah kedokter gigi untuk perawatan yang tepat.

4. Sindrom gigi retak/gigi sensitif.

   Gigi sensitif atau bisa disebut juga sebagai sindrom gigi retak umum menyerang siapapun. Akan terasa sakit ketika kita sedang mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas dan dingin. Untuk masalah sindrom gigi retak sebagai pertolongan pertama direkomendasikan mengunakan pasta gigi Sensodyne atau sejenisnya.

5. Perubahan hormonal.

   Tidak banyak yang tahu disaat kita mengalami perubahan hormonal misalnya pubertas, akan datang bulan,hamil, memasuki manefous ada kemungkinan akan sakit gigi.  Sekedar bercerita sedikit saya juga pernah mengalami sakit gigi yang tak terduga saat saya hamil anak pertama. Padahal sebelumnya sekalipun tidak pernah saya bermasalah dengan gigi. Setelah saya cek kedokter gigi ternyata penyebab sakit gigi yang saya derita selama ini adalah perubahan hormon karena hamil.

Artikel Terkait : Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

   Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati, lakukan perawatan secara teratur dan berkesinambungan agar terhindar dari masalah gigi. Jika anda mengalami masalah seperti ini anda bisa membaca informasi obat sakit gigi tradisional ini. Kunjungi dokter gigi setidaknya tiap 6 bulan sekali untuk perawatan.

Share this :

Previous
Next Post »