Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah Pecah

Cara mengobati kulit kaki pecah pecah memang membutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena tidak bisa sembuh dalam waktu sekejap. Meskipun letak kaki ada pada bagian paling bawah tubuh kita namun apabila kulit kaki pecah-pecah juga ada yang kurang dari penampilan kita. Kulit kaki yang pecah pecah sebenarnya ialah kulit yang mati sehingga kulit tersebut menjadi kering, kasar, dan menebal atau kapalan dan bila dibiarkan lama kelamaan bisa membuat tumit pecah pecah. Perawatan pada kulit kaki memang sangat diperlukan karena selain menyehatkan juga sebagai upaya mencegah masalah pada kulit kaki kita. Dan jika dibiarkan tumit yang pecah pecah bisa menimbulkan infeksi yang justru akan membuat tumit kita menjadi tambah sakit. Tumit atau kulit kaki yang pecah pecah mungkin bagi sebagian orang yang tidak begitu memperdulikan penampilan tidak jadi masalah selama tidak menimbulkan rasa sakit namun bagi yang peduli dengan penampilan dan juga kesehatan tentu ini adalah masalah besar yang harus segera di obati karena sangat mengagu penampilan dan juga kenyamanan kita. Ada akibat tentu ada sebabnya begitu juga dengan kulit kaki atau tumit yang pecah pecah pasti ada awal mulanya yang menjadi penyebabnya.

cara mengobati kaki pecah pecah
ilustrasi img : http://www.shareria.com/

Penyebab kulit kaki atau tumit pecah pecah :

1. Menderita suatu Penyakit.
Beberapa penyakit tertentu juga bisa menyebabkan kulit kaki menjadi mudah pecah pecah seperti eksim, tiroid, diabetes, psoriasis dll.

2. Kelebihan berat badan.
Kelebihan berat badan turut berpengaruh juga pada kulit kaki yang pecah pecah. Tumit harus menopang berat badan yang diluar kapasitas akibatnya tumit melebar dan mudah mengalami kertakan pada kulit kaki.

3. Terlalu lama memakai sepatu hak tinggi.
Pekerjaan terkadang mengharuskan kita memakai sesuatu yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kita seperti memakai sepatu hak tinggi. Berlama lama memakai sepatu hak tinggi bisa membuat kulit kaki pecah pecah.

4. Faktor  usia.
Faktor usia tentu akan mempengaruhi elastisitas kulit seseorang karena seiring bertambahnya usia produksi sebum juga ikut menurun.

5. Kekurangan Nutrisi.
Kulit kaki juga membutukan nutrisi bila tidak dipenuhi akan membuat kaki mudah kering dan pecah pecah.

6. Terlalau sering diair.
Terlalu diair justru tidak baik untuk kulit kita karena jika kaki kita terlalu lama berada diar akan menyebabkan kulit kehilangan minyaknya sehinggan membuat kulit kita mudah kering dan pecah pecah.

7. Jarang memakai alas kaki
Bagi masyarakat dipedesaan tidak mengunakan alas kaki bukanlah suatu hal yang asing dari dulu. Mereka sering mengabaikan pengunaan alas kaki meskipun ini demi keamanan dan juga kesehatan kulit kaki. Alasannya bermacam macam ada yang memang karena pekerjaan mereka sehari hari yang berkecipung disawah maupun diladang tentu memakai alas kaki akan merepotkan untuknya. Ada juga karena terbiasa tidak memakai alas kaki jadi risih bila memakai dll. Tanpa disadari jarang mengunakan alas kaki bisa menjadi penyebab kulit kaki atau tumit pecah-pecah.

Cara Mencegah kulit kaki pecah pecah :

1. Lakukan perawatan pada kaki.
Agar kulit kaki tidak mudah kering dan pecah pecah rawatlah kaki anda  dengan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk kulit dan oleskan krim kulit atau handbody agar kulit tetap lembab.

2. Hindari berlama lama dengan sepatu hak tinggi.
Ketika ada jeda waktu untuk istirahat dari pekerjaan usahakan untuk melepas sepatu hak tinggi anda agar kaki istirahat sejenak dan agar otot otot kaki rileks. Hal ini bisa mengurangi resiko kulit kaki pecah pecah.

3. Jaga berat badan agar tetap ideal.
Selain bisa menyebabkan kulit kaki menjadi gampang pecah pecah kegemukan juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius seperti jantung, kolestrol, darah tinggi dll. Untuk itu  sangat dianjurkan sekali untuk menjaga berat badan tetap ideal dan selalu hidup sehat.

4. Usahakan untuk tetap memakai alas kaki bila sedang berada diluar ruangan.


Cara mengobati kulit kaki atau tumit pecah pecah :

1. Air mawar.
Air mawar atau gliserin bisa anda gunakan untuk mengobati kulit kakai pecah-pecah caranya rendam kaki pada larutan gliserin selama kira kira setengah jam. Lakukan secara teratur dan rasakan perubahannya setelah satu minggu.

2. Air lemon.
Peras 3 buah jeruk lemon campur dengan 1 gayung air hangat lalu gunakan untuk merendam kaki anda. Sambil direndam gosok kulit kaki mengun perlahan lahan lahan tumit anda dengan sikat halus.  Cara seperti ini mampu menghilangkan kulit kaki yang mati yang menjadi penyebab utama kaki pecah pecah.

3. Krim untuk kaki pecah pecah.
Krim untuk kaki pecah  dapat kita beli di apotek, toko toko serta swalayan terdekat yang dijual dengan harga terjangkau. Agar hasilnya cepat kelihatan gunakan setiap hari menjelang tidur. Carany cuci bersih kaki anda lalu oleskan krim kaki. 

4. Buah Pisang dan alpukat .
Buah pisang dan buah alpukat merupakan salah satu buah yang berkhasiat untuk mengobati kulit kaki pecah-pecah. Blender buah pisang dan alpukat hingga halus lalu oleskan merata pada kulit kaki. Bila sudah mengering itu tandanya sari sari dari pisang dan alpukat tadi sudah merasuk. Jika sudah demikian bilas dengan air hangat.

5. Jeruk nipis.
Sama seperti halnya jeruk lemon jeruk nipis juga bisa kita gunakan untuk mengobati kulit kaki pecah pecah. Caranya belah jeruk nipis menjadi beberapa bagian lalu gunakn untuk mengosok kulit kaki yang pecah pecah cara inin ampuh untu menhilangkan sel kulit mati yang membuat kulit menjadi pecah pecah.

6. Buah mentimun.
Buah mentimun sejah dahulu memang sudah terkenal baik untuk menjaga kesehatan kulit. Caranya perutlah buah mentimun lkalu gunakn untuk memaskeri kulit kaki anda. Buah mentimun bermanfaat untuk kelembaban kaki kita.

Share this :

Previous
Next Post »