Intip Manfaat dan Khasiat Daun Binahong Yang Tersembunyi

Daun binahong merupakan salah satu tumbuhan herbal yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Tumbuhan yang konon berasal dari Korea ini sekarang sudah banyak ditanam di Negara kita. Daun yang tebal dan berlendir serta tumbuh dengan menjalar membuat tanaman binahong ini sangat mudah untuk dikenali. Daun binahong dapat dikategorikan sebagai tanaman obat dikarenakan pada tumbuhan ini banyak mengandung asam aleanolik, Asam askorbat, Flavanoid, minyak atsiri dan beberapa zat lainnya yang bermanfaat buat kesehatan. Dinegara Cina daun binahong sudah cukup populer dan umumnya penduduk disana menjadikan tumbuhan ini sebagai obat alami untuk menambah stamina dan biasanya daun binahong disajikan dalam wujud teh. Dinegara kita sendiri, kita sering menemui tanaman ini disekitar pekarangan rumah yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias dan anehnya jarang sekali orang mengetahui bahwa tanaman binahong ini merupakan jenis tanaman obat. kebanyakan mereka hanya menganggap tanaman ini sebagai tanaman hias untuk memperindah pekarangan mereka padahal dibalik itu semua daun binahong memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, dan berikut adalah beberapa manfaat daun binahong :

Manfaat daun binahong
ilustrasi img : https://herbalbinahong.wordpress.com/

1. Khasiat daun binahong untuk mengobati luka.
     Didalam daun binahong terdapat zat antimikroba yang berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi pada luka.
  => Cara penggunaanya : Cuci bersih daun binahong yang sudah anda petik, remas-remas dan tempelkanlah pada area yang terluka. Cara seperti ini hanya bisa digunakan untuk mengobati luka yang ringan saja dan untuk luka yang cukup parah harus dibersihkan dahulu oleh dokter agar tidak terjadi titanus.

2. Khasiat daun binahong untuk mengobati masalah gangguan pencernaan.
   Gangguan pencernaan bisa dialami oleh siapa saja, meski kelihatannya hanya sebuah masalah kecil namun terkadang bisa menimbulkan kepanikan. Masalah pencernaan yang sering kita alami biasanya adalah susah buang air besar dan juga wasir, jika kalian mengalami kondisi seperti ini kalian bisa mencoba resep yang satu ini : Ambil daun binahong satu genggam, kemudian rebus menggunakan dua gelas air, rebus terus sampai airnya hanya tersisa satu gelas. Biarkan dingin terlebih dahulu lalu saring dan minumlah satu kali dalam sehari.

3. Manfaat daun binahong sebagai obat Ambeien.
   Ambeien merupakan suatu penyakit yang biasanya disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama, penyakit ini terjadi karena kurangnya serat pada makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Untuk mengobati penyakit ini kalian bisa mencoba resep alami dari daun binahong, caranya : Ambil 1 genggam binahong lalu rebus bersama tiga gelas air dan sisakan kira-kira tinggal dua gelas lalu angkat dan saring setelah dingin minumlah air rebusan daun binahong tadi satu kali sehari.

4. Mengobati tekanan darah tinggi.
   Manfaat daun binahong selanjutnya adalah untuk mengobati tekanan darah tinggi (Hipertensi). Hipertensi adalah salah satu bentuk penyakit yang perlu kita waspadai, biasanya penyakit seperti ini disebabkan karena kurang terkontrolnya makanan yang kita konsumsi, misalnya terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis atau daging kambing. Jika anda menderita hipertensi ada baiknya jika mulai saat ini anda selalu menjaga pola makan dan berusaha rajin olahraga. Untuk mengobati sakit hipertensi anda juga bisa meminum ramuan dari daun binahong dan untuk pembuatannya sama persis seperti cara nomer dua.

5. Manfaat daun binahong untuk mengobati batuk ringan.
   Banyak sekali tumbuhan alami yang bisa anda jadikan sebagai obat batuk slah satunya pernah saya tuliskan pada artikel ini : Macam macam obat batuk alami yang dipercaya banyak orang, dan daun binahong ini juga bisa kalian gunakan sebagai obat batuk jika menyerang keluarga anda.

6. Khasiat daun binahong untuk mengobati radang ginjal.
   Semakin maju dan berkembangnya zaman, ternyata semakin banyak berbagai jenis penyakit yang bermunculan. Kata pepatah, "Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati". Jika kalian tidak ingin terserang penyakit radang ginjal cobalah berusaha memiinum air putih paling tidak delapan gelas perharinya, tak hanya itu saja kebersihan air yang akan kita minum juga perlu diperhatikan. Buat kalian yang sudah terlanjur terserang radang ginjal, kalian bisa mencoba membuat ramuan dari daun binahong. Cara membuat rauannya sama seperti cara nomer 2.

Artikel terkait : Manfaat dan Khasiat Kunyit Putih (Kunir Putih)

  Hidup sehat itu dimulai dari sekarang, berbenah diri dari sekarang demi kesehatan dimasa yang akan datang. Demikian informasi manfaat dan khasiat daun binahong dari saya, semoga ulasan ini berguna buat anda.

Share this :

Previous
Next Post »