Obat Bisul Paling Aman yang Bisa Anda Gunakan

Pernahkan anda mengalami yang namanya penyakit bisul atau bisulan? Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang penyebabnya adalah bakteri dan penyakit kulit ini bisa menyerang siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Untuk itu kalian perlu tahu obat bisul yang aman untuk anda gunakan. Namun sebelum itu anda perlu tahu apa sich sebenarnya penyakit bisul itu dan apa pula penyebab kenapa kita bisa terkena sakit bisulan. Bisul ialah suatu penyakit kulit yang disebabkan akibat infeksi oleh kuman atau bakteri. Bisul ditandai dengan kulit bengkak memerah yang disertai rasa nyeri dan lebih parahnya lagi hingga bernanah. Berikut ini adalah beberapa peyebab bisulan :

1. Kebersihan yang kurang terjaga.
Penyakit bisul paling banyak kasusnya menyerang anak-anak karena dunia pada usia anak-anak masih dipenuhi dengan kegiatan bermain yang tanpa disadari bisa bersentuhan langsung dengan kuman dan bakteri. Jika kita sebagai orang tua lalai menjaga kesebersihan anak kita  maka kemungkinan terserang bisul lebih besar. Itu artinya  sebagai orang tua  kita harus benar benar memperhatikan lingkungan tempat bermain anak-anak kita agar jauh dari penyakit bisul. Cuci tangan anak anda sesudah bermain, mau makan dan akan tidur agar kuman kuman yang menempel bisa terbuang.

2. Keringat berlebihan.
Keringat berlebihan akan memicu timbulnya biang keringat kemudian biang keringat tersebut  akan menimbulkan rasa gatal dan biasanya kita akan mengaruk garuk kulit kita untuk menghilangkan rasa  gatal tersebut dan tanpa disadari mengaruk bisa meningalkan bekas luka yang mudah ditumbuhi bakteri.  Hal seperti inilah bisa menjadi penyebab tumbuhnya bisul. Saat daya tahan tubuh kita menurun berbagai penyakit bisa menyerang kita termasuk penyakit bisul.

3. Gizi buruk.
Tubuh kita  membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kita
Bisul juga bisa menyerang lantaran kebutuhan gizi kita tidak terpenuhi. Anak-anak lebih rentan terhadap penyakit bisulan untuk itu penuhi gizi anak anda agar meminimalisir terjangkitnya penyakit bisul. Telur merupakan bahan makanan yang mengandung protein yang tinggi yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein anak-anak kita. Akan tetapi protein pada telur bisa justru menimbulkan bisulan karena alergi protein telur. Namun apabila anak anda tidak memiliki alergi pada protein telur makan mengkonsumsi telur justru bisa membantu anda sembuh dari bisulan. Protein membantu mempebaiki jaringan sel yang rusak akibat bisul.


obat bisul tradisional alami
ilustrasi img : https://obatbisulampuh.wordpress.com/

Cara mengobati bisul Secara Alami

1. Mengobati bisul dengan bawang putih.
Untuk memulihkan jaringan sel yang rusak akibat terkena bisul anda dapat memanfaatkan bawang putih untuk mengobatinya, karena bawang putih mengandung sejumlah antioksidan alami yang bisa membantu memulihkan jaringan sel kulit yang rusak. Caranya mudah sekali tumbuk bawang putih lalu oleskan pada kulit anda yang ditumbuhi bisul diamkan hingga meresap. Lakukan secara teratur hingga bisul anda benar-benar sembuh.

2. Mengompres menggunakan air hangat.
Mengompres dengan air hangat mampu mengurangi nyeri yang ditimbulkan akibat bisul.  Kompres secara perlahan dan jangan dipencet-pencet terlalu keras pada bagian kulit yang terkena bisul. karena jika anda menekan pada area yang terkena bisul dapat menyebabkan bakteri menyebar dan akan membuat tumbuh bisul baru disekitarnya, jadi cara mengompresnya perlahan-lahan saja.
 
3. Menggunakan lidah tumbuhan buaya.
Lidah buaya adalah satu dari banyak tumbuhan yang berfungsi sebagai obat alami yang bisa diunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan diantaranya adalah sakit bisulan.
Cara  penggunaanya cukup ambil lidah buaya yang masih segar lalu belah dan ambil dagingnya. Kemudian tempelkan daging lidah buaya tersebut diatas area kulit yang terkena bisul lalu diamkan hingga kering.
Daging lidah buaya ini juga bisa anda tempelkan pada bagian kulit yang terkena luka karena daging lidah buaya memiliki khasiat memberikan rasa dingin dan mengurangi rasa sakit yang timbul akibat luka tersebut.

4. Daun bayam duri.
Untuk mengobati bisul anda tidak harus selalu menggunakan obat apotek karena sebenarnya disekeliling rumah anda banyak obat alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati bisulan dan salah satunya adalah menggunakan daun bayam duri. Jika kalian melihat tanaman bayam duri yang tumbuh disekitar pekarangan rumah anda maka kalian bisa memanfaatkan tumbuhan ini untuk mengobati sakit bisulan, karena bayam duri memiliki khasiat mengurangi rasa nyeri akibat luka. Cara mengobati bisul dengan bayam duri sangat mudah, caranya petik beberapa daun bayam duri kemudian remas-remas daun bayam duri dengan garam setelah itu tempelkan pada bagian yang sakit bisul.

5. Mengobati bisul dengan bayam daun sirih.
Ambil 3 lembar daun sirih lalu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan daun sirih diatas bisul tunggu hingga kering. Bilas dengan air hanggat.

6. Mengobati bisul dengan cocor bebek.
Cocor bebek adalah tanaman hias yang memiliki manfaat untuk mengatasi bisul. Caranya ambil lembar 3 lembar daun cocor bebek lalu cuci bersih selanjutnya tumbuk. oleskan pada bisul anda diamkan hingga kering dan bilas dengan air hangat atau air bersih.

7. Mengobati bisul dengan daun kecubung.
Tumbuhan kecubung adalah adalah salah satu tumbuhan beracun jika dikonsumsi namun ternyata tumbuhan ini memiliki manfaat yang bagus untuk mengobati bisulan. Caranya tumbuk 3 lembar daun kecubung bersama dengan bunganya. Tempelkan pada bisul kemudian diamkan hingga kering.

Artikel terkait : Obat Biduran Atau Alergi Gatal-gatal Tradisional
.
Jika bisul anda tak kunjung sembuh segeralah pergi kedokter untuk mendapatkan penanganan medis agar bisul tidak semakin bertambah parah. Obat bisul diatas merupakan obat bisul alami yang aman anda gunakan.

Share this :

Previous
Next Post »