Kenali Manfaat Dan Khasiat Buah Tomat Yuuuk...!

Manfaat dan khasiat alami buah Tomat memang tak semua orang tau, faktanya mereka hanya mengenali buah ini sebagai bahan utama untuk pembuatan jus ataupun sambal tomat. Tomat sendiri tergolong jenis buah yang sering dimanfaatkan untuk sayur. Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan Vitamin A dan C yang cukup tinggi tentunya hal tersebut bermanfaat untuk kesehatan dan juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Tomat dapat kita makan dalam keadaan mentah atau belum diolah maupun yang sudah menjadi olahan. Tomat yang sudah diolah contohnya dibuat saus yang memiliki 4x lipat lebih tinggi anti oksidannya bila dibandingkan tomat matang yang belum diolah atau dimasak. Buat kalian yang saat ini sering menghindari tomat karena memang tidak menyukainya saya harap setelah membaca beberapa manfaat buah tomat dibawah ini anda akan berubah pikiran, oke sob, apa saja sih manfaat tomat buat tubuh kita..? Yuuuk simak ulasan selengkapnya..


manfaat buah tomat untuk kesehatan
ilustrasi img : https://www.penabiru.com/

Manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah

1. Obat alami untuk menghilangkan jerawat.
   Buah tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi dan dua vitamin ini sangat efektif untuk membantu menyembuhkan jerawat yang menempel pada wajah. Buat kamu yang memiliki masalah jerawat apa salahnya jika mencoba menggunakan masker dari buah tomat, cara penggunaanya adalah parut satu biji buah tomat berukuran besar, kemudian beri 2 sdm madu dan sedikit perasan air lemon atau bisa juga jeruk nipis lalu campur jadi satu dan aduk- aduk sampai rata. oleskan pada seluruh bagian wajah anda sambil digosok- gosok tunggu hingga meresap dan biarkan beberapa saat lalu dapat kalian bilas mengunakan air hangat.

2. Menghilangkan Komedo.
   Umumnya komedo sering tampak disekitar hidung dan mata. Sebenarnya komedo itu muncul akibat kulit wajah berminyak yang ditempeli oleh kotoran sehingga tumbuhlah komedo. Tidak usah buru-buru membeli obat untuk membersihkan komedo yang menempel diwajah kamu sebab buah tomat merupakan alternatif yang tepat untuk membersihkan komedo yang susah dihilangkan dari wajah kamu.
Cara membersihkan komedo menggunakan buah tomat adalah : Ambil satu buah tomat dan satu buah alpukat kemudian jadikan satu dan dibuat jus, Pergunakan jus tersebut untuk masker dengan cara mengoleskan pada bagian wajah kamu yang dihinggapi komedo. Diamkan beberapa saat kurang lebih sekitar 20 menitan,apabila terasa sudah agak kering dapat segera kalian bilas memakai air hangat. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan lakukan cara ini rutin setiap hari sampai komedo anda bersih.

3. Manfaat tomat yang lainnya adalah membersihkan dan menghaluskan  kulit wajah yang kusam, berminyak dan juga kulit kering.
   Jika kalian memiliki masalah kulit wajah kering, kusam ataupun berminyak, cara nomer dua juga dapat kalian terapkan (buah tomat dan alpukat di jadikan masker) karena kandungan asam amino yang terdapat dalam buah tomat berfungsi mencerahkan wajah yang berminyak dan juga kusam. Lakukan hal tersebut setiap hari jika kalian mendambakan wajah terlihat cantik dan sehat.

4. Membantu mengatasi kulit wajah yang terbakar dikarenakan oleh paparan sinar matahari secara langsung.
   Bagi kalian yang memiliki rutinnitas diluar ruangan pastilah lebih rentan dengan kulit terbakar. Untuk mengembalikan kondisi wajah agar tetap sehat dan segar anda bisa membuat masker tabir surya dari buah tomat yang dicampur dengan yogurt. Caranya blender 1 tomat berukuran sedang dan 2 sdm yogurt, gunakan ini setiap hari agar wajah anda terlihat selalu berseri.


Manfaat buah tomat untuk kesehatan

1.) Untuk menghindari dan juga mengobati sariawan.

   Seperti yang kita tau bahwa buah tomat kaya akan kandungan vitamin C sehingga buah ini sangat cocok untuk anda jadikan sebagai obat sariawan alami. Selain itu jika anda rajin mengkonsumsi buah tomat ternyata juga mampu menghindarkan anda dari berbagai penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin C seperti sariawan atau bibir kering dan pecah-pecah.

2.) Memperbaiki fungsi kerja mata.

  Mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital yang harus tetap kita pelihara. Jika anda merupakan salah satu orang yang memiliki aktifitas yang padat didepan monitor alangkah baiknya jika kalian selalu memelihara kesehatan mata anda yaitu dengan rajin meminum jus wortel yang dipadukan dengan buah tomat.

3.) Manfaat buat tomat sebagai obat alami untuk mencegah sel kanker.

   Selain buah manggis ternyata tomat merupakan salah satu buah yang dipercayai bisa mencegah kanker sebab didalam buah tomat mengandung zat lycopane yang mempunyai kemampuan sebagai zat yang bisa menangkal serangan radikal bebas serta juga dapat memperbaiki sel-sel yang telah rusak. Tomat yang sudah dimasak memiliki kandungan lycopane lebih tingi dan kuat dari pada buah tomat yang matang tapi belum di masak.

Jika kita semua tau begitu besar manfaat dari buah tomat, apa kalian masih tetap tidak mau membiasakan diri untuk mulai mengkonsumsi buah ini secara rutin? Jawaban ada pada kalian masing masing. Terimakasih sudah berkunjung, semoga sehat selalu.

Share this :

Previous
Next Post »