Tips Mudah Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Si baby terkena biang keringat..? baca tips mudah cara mengatasi biang keringat pada bayi berikut ini..! Bintik-bintik merah pada kulit dan menimbulkan rasa gatal itulah yang disebut sebagai biang keringat. Biang keringat terjadi karena pori-pori yang menjadi jalan keluar keringat tersumbat oleh kotoran. Apabila ini terjadi pada bayi sudah bisa dipastikan bayi akan rewel karena merasa tidak nyaman dengan gatal yang ditimbulkan akibat biang keringat. Usia balita lebih rentan terserang biang keringat dari pada orang tua. Biang keringat biasa menyerang bagian dahi, leher, perut dan punggung. Orang dewasa saja bila terserang biang keringat merasa sangat tidak nyaman apalagi bila terjadi pada bayi. Mengaruk-garuk kulit adalah salah satu alternatif yang sering kita lakukan saat biang keringat menyerang. Sedangkan mengaruk-garuk kulit bisa merusak lapisan kulit sehingga akan menimbulkan rasa perih pada saat kita berkeringat. Biang keringat memang lazim dialami siapapun termasuk si kecil namun kita sebagai orang tua tentu resah jika buah hati kita mengalami biang keringat. Meskipun bisa sembuh mesti tidak ditangani secara medis namun terasa amat menyiksa.

Biang Keringat pada Bayi
ilustrasi img : http://www.caramenarik.com/


Sebelum anda mengatasi biang keringat pada bayi anda ada baiknya jika anda mengetahui beberapa penyebab timbulnya biang keringat pada bayi dan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cuaca panas dan udara lembab.
Cuaca panas dan udara lembab seperti udara dipegunungan dan dipantai akan memicu keluarnya keringat yang berlebih. Inilah yang biasanya membuat biang keringat mudah menyerang.

2. Pakaian yang kita kenakan sehari hari.
Sering memakai pakaian yang tidak bisa menyerap keringat membuat kita lebih beresiko diserang biang keringat. Topi rajut benang tidak disarankan dipakaikan pada anak-anak ketika udara sedang panas karena bahan rajut tergolong bahan yang susah menyerap keringat.

3. Kelenjar minyak belum terbentuk sempurna.
Pada usia balita kelenjar minyak belum bisa diproduksi secara sempurna sehingga membuat keringat tetap bersarang dibawah kulit dan menyebabkan biang keringat.

4. Terlalu lama berbaring.
Terlalu lama berbaring juga bisa menyebabkan biang keringat. Biang keringat yang disebabkan karena terlalu lama berbaring sering terjadi pada orang sakit dan bayi yang belum bisa yang masih terbatas kemampuan geraknya.

5. Aktifitas berat.
Keringat muncul seiring dengan aktifitas yang kita kerjakan. Kerja berat sangat berpotensi keluarnya keringat yang berlebih yang akan membuat kita mudah mengalami biang keringat.


Cara mencegah biang keringat :
1. Pakailah pakaian yang mudah menyerap keringat seperti pakaian yang berbahan katun. Memakai pakaian atau topi yang berbahan rajut tidak disarankan untuk dikenakan pada musim panas karena bahan rajut susah menyerap keringat. Pakaian berbahan rajut lebih cocok digunakan pada musim dingin karena akan memberikan rasa hangat saat dipakai.

2. Gunakan pakaian yang longgar-longgar karena mengunakan pakaian longgar akan membuat tubuh kita menjadi rileks sehingga produksi keringat menjadi terkontrol, Tidak seperti saat kita mengunakan pakain ketat, tubuh akan tertekan pada saat itu produksi keringat menjadi meningkat karena tubuh dalam posisi yang tidak nyaman.

3. Mandi setidaknya 2 kali sehari agar kotoran yang menempel dikulit hilang. Mandi sebaiknya dilakukan setelah keringat kering karena apabila anda mandi pada saat keringat masih bercucuran bisa menyebabkan masuk angin.

4. Pakailah pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin
Agar udara dalam ruangan tetap segar pakailah AC atau kipas angindi dalam rumag anda.

5. Usahakan jangan berlama-lama di panasan karena udara panas membuat kita mudah berkeringat yang memicu timbulnya biang keringat.

6. Usahakan untuk tidak mengendong buah hati saat udara sedang panas. Udara yang panas ditambah lagi suhu badan akan memperparah biang keringat. Baringkan bayi anda dan ajaklah bermain agar sikecil tidak minta gendong.

Untuk mengembalikan kenyamanan buah hati anda berikut tips cara mengatasi biang keringat pada bayi :

1. Mandikan si bayi dengan teratur dan pakailah sabun antiseptik saat mandi.

2. Pakaikan buah hati anda baju berbahan katun terutama pada saat cuaca sedang panas.

3. Oleskan krim pelembab yang mengandung calamine seperti caladine cair.

4. Bedaki dengan bedak gatal contohnya caladine, herozin, salicyl dll.

5. Mengobati biang keringat pada bayi mengunakan tepung kanji atau tapioka dengan cara dioleskan pada kulit yang gatal.

6. Olesi dengan jel lidah buaya. Gel lidah buaya yang dibalurkan pada kulit akan memberikan rasa adem hal ini berguna juga untuk merelaksasi kulit.

7.Jika tak kunjung sembuh meski sudah diobati segeralah bawa bayi anda kedokter agar mendapatkan penanganan yang tepat mengigat kulit bayi masih sangat rentan terhadap alergi.

Demikian sedikit informasi dari saya tentang tips cara mengatasi biang keringat pada bayi, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda.

Share this :

Previous
Next Post »