Obat alami untuk mengatasi Diare Anak

Sebenarnya obat diare anak sudah banyak dijual diapotek, namun mungkin dari kita ada yang masih takut mengkonsumsi obat-obatan apotek tanpa ada resep dari dokter. Apalagi tempat tinggal kita yang letaknya cukup jauh dari lokasi apotek sehingga terkadang kita sedikit malas untuk pergi keapotek dan lebih memilih obat tradisional untuk mengatasi diare pada anak. Penyakit diare merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang anak-anak usia balita, hal tersebut dikarenakan kekebalan sang anak yang masih sangat lemah melawan virus atau bakteri yang ada disekitarnya. Penyakit diare memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, namun jika hal ini terjadi pada anak kesayangan kita pastinya akan menimbulkan kepanikan tersendiri buat kita. Diare ditandai oleh encernya tinja dan buang air besar frekuensinya melebihi biasanya. Diare bisa membuat sipenderita kekurangan cairan dan hal ini bisa membahayakan nyawa kita. Oleh karenanya jangan menganggap enteng sakit diare.
Untuk itu disarankan minum banyak air putih untuk menganti cairan yang hilang karena diare. Diare yang disertai muntah juga perlu di waspadai karena bila tidak segera ditangani bisa berujung pada kematian. Pada orang dewasa diare bisa sembuh dalam kurun waktu 2 - 4 hari sedangkan pada anak anak antara 5 - 7 hari. Penyebab diare bisa bermacam macam diantaranya :

Diare pada anak anak


Penyebab sakit diare :

* Makan makanan yang terkontaminasi dengan bakteri.
Makanan yang masuk kedalam tubuh buah hati kita sangat penting untuk anda perhatikan kebersihan serta kandungan yang anda didalamnya. Untuk buah hati alangkah baiknya anda memasak sendiri karena kalau beli belum tentu steril dari kuman karena kita tidak tahu cara memasaknya bagaimana dan seperti apa.

* Alergi makanan tertentu.
Alergi makanan bisa juga membuat si kecil terserang diare karena mengingat pencernaan si kecil yang masih dalam tahap penyesuaian. Misalnya saja setelah makan sayur bayam frekuensi buang air buah hati menjadi lebih sering ini artinya buah hati kita alergi pada sayur bayam. Seperti yang saya alami ketika anak saya masih dibawah 2 tahun.

*Minum kopi berlebihan.

* Efek samping obat seperti obat kemotherapy, pencahar, antibiotik dll.

* Minum alkohol terlalu banyak.

* Minum minuman yang mengandung pemanis buatan.

* Keadaan psikologis misalnya cemas atau grogi biasanya membuat seseorang menjadi sering ke belakang untuk BAB.

* Keracunan makanan.

* Adanya radang pada pencernaan.


Cara mengatasi diare anak :

1. Banyak minum air putih.
Diare bisa menyebabkan kekurangan cairan oleh karena sangat di anjurkan untuk memperbanyak air putih untuk mengantikan cairan tubuh yang hilang.

2. Daun Jambu Biji.
Disaat diare melanda daun biji bisa menjadi penolong buat anda. Caranya tumbuk daun jambu biji yang masih muda dan satu butir bawang merah jangan terlalu halus. Lalu beri sedikit air dan garam lalu peras selanjutnya minum. Rasanya memang tidak enak tapi untuk menyembuhkan diare terbukti cepat dan efektif. 

3. Oralit.
Oralit ialah perpaduan antara air, garam dan gula.Oralit berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh kita yang terbuang bersama feses bukan untuk mengatasi diare oralit sifatnya hanya mencegah dehidrasi dan kekurangan cairan. Untuk aturan pakai lihatlah pada kemasan agar tidak terjadi kesalahan. Oralit banyak dijual di apotk terdekat ditempat tinggal anda. Kalau ingin membuatnya a sendiri dirumah juga bisa caranya siapkan 1 liter air kemudian tambahkan 8 sendok teh gula dan 1 sendok teh garam aduk hingga larut semua bahan tadi. Minum 3 sampai 4 kali sehari.

4. Makan Yang cukup.
Ketika diare melanda mungkin saja nafsu makan anda menjadi menurun. Namun sebaiknya usahakan untuk tetap makan seperti biasanya agar tubuh tidak semakin lemas. Kurangi konsumsi lemak dan perbanyak minum serat.

5. Jagalah kebersihan.
Karena diare bisa disebabkan oleh kontaminasi bakteri maka sangat dianjurkan sekali untuk menjaga kebersihan makanan, pakaian, maupun lingkungan tempat kita tinggal. Makanan yang masuk ke tubuh kita sebaiknya harus diperhatikan kebersihan serta kandungan di dalamnya. Saat akan makan dan minum yang sudah kemasan jangan lupa baca tanggal kadaluarsanya.

6. Buah pisang.
Buah pisang mengandung potasium yang berfungsi untuk memberikan energi pada tubuh kita. Untuk penderita diare buah pisang sangat cocok dikonsumsi agar tubuh tidak lemas.

7. Minum obat diare.
Jika diare belum sembuh juga sebaiknya anda coba minum obat diare. 
Dengan catatan diare yang anda alami tidak disertai feses ada darahnya, muntah, demam dll. Namun jika diare diare dibarengi muntah, deman dan feses berdarah maka sebaiknya segera kedokter terdekat. 

8. Yougurt.
Yougurt merupakan salah satu olahan susu yang aman dikonsumsi penderita diare. Didalam yougurt terkandung bakteri baik yang bisa membunuh virus penyebab diare.
Artikel terkait : Anak anda Sakit demam? Cobat Obat demam ini.
Itulah cara sederhana mengobati diare yang harus anda coba. Diare memang sakit biasa yang wajar dialami siapapun namun untuk diare yang disertai gejala-gejala yang serius sebaiknya segera pergi kedokter.

Share this :

Previous
Next Post »