Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak

Cara mengobati cacar air memang tidak bisa dilakukan secara instan, jadi kita dituntut harus selalu bersabar dalam mengibati penyakit seperti ini.  Sebenarnya cacar air adalah salah satu penyakit kulit yang rentan menyerang anak anak usia 1 sampai 10 tahun pada orang dewasa kasus ini jarang sekali terjadi. Cacar air disebabkan oleh virus yang bernama varisella zoster. Meskipun buah hati kita sudah mendapatkan imunisasi cacar bukan berarti kebal pada penyakit ini artinya kemungkinan terjangkit masih adaGejala awal seseorang terjangkiti cacar air biasanya pada hari pertama dan kedua akan merasakan deman, nyeri otot, mual disertai menurunnya nafsu makan dan hari berikutnya muncullah bintik bintik merah yang didalamnya terdapat air. Bintik merah ini akan sembuh dalam waktu sekitar 1 minggu sampai 2 minggu. Dalam jangka waktu 2 mingguan tersebut bintik merah akan mengeluarkan air, pada hari hari berikutnya luka akan mengering menjadi bintik bintik hitam. Namun untuk menghilangkan bekas cacar air memang membutuhkan waktu agak lama. Cacar air menyerang sekali seumur hidup namun virus yang menyebabkan cacar air tersebut ( varisella zoster) tetap berada dalam tubuh kita meski bintik bintik merah atau hitam  sudah memudar. Bila cacar air menyerang untuk ke 2 atau ke 3 kalinya virus tersebut sudah berubah menjadi herpes zoster atau biasa disebut herpes. Banyak masyarakat yang beranggapan jika sedang menderita cacar air maka cara mengobati cacar air diperbolehkan untuk mandi, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Jika penderita mengalami deman memang tidak dianjurkan untuk mandi karena akan memperparah demam tersebut namun jika tidak disertai deman mandi justru bisa mengurangi rasa gatal. Mandi juga sebagai upaya menjaga kebersihan tubuh agar penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri jahat menjauh. Untuk langkah pencegah sebaiknya jika anda teman maupun anggota keluarga kita terserang cacar air jangan berinteraksi terlalu dekat karena cacar air sangat mudah sekali menular.

cara mengobati cacar air
ilustrasi img : http://www.parenting.co.id/

Cacar air adalah salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya namun untuk mempercepat penyembuhan pengobatan juga diperlukan. Berikut ini adalah salah satu cara mengobati cacar air :

1. Jika cacar air yang anda derita disertai dengan demandan juga nyeri maka anda bisa mengkonsumsi Parasetamol untuk mengurangi demam dan nyeri tersebut tapi jika timbulnya cacar air tidak di iringi dengan sakit demam maka anda tidak perlu mengkonsumsi Parasetamol.

2. Usahakan tidak mengaruk bagian yang ditumbuhi bintik bintik karena bisa menyebabkan infeksi. Rasa yang ditimbulkan saat cacar air menyerang memang membuat kita tidak nyaman dan ingin mengaruknya. Untuk mengurangi rasa gatal pakaikan bedak yang mengandung calamine.

3. Penderita cacar air sangat dianjurkan untuk minum air putih yang banyak  untuk menghindari dehidrasi dan juga membantu menetralkan suhu tubuh saat demam. Dehidrasi akan menyebabkan mulut menjadi kering sehingga mulut akan merasakan perih saat di gerakkan.

4. Gunakan pakaian yang lembut agar kulit merasa nyaman dan apabila luka cacar tersentuh oleh pakaian tidak langsung lecet yang bisa membuat luka terasa perih.

5. Karena cacar air mudah sekali menular maka usahakan selama cacar air belum sembuh untuk menghindarkan buah hati anda dari dunia luar. Hal ini juga salah satu untuk mempercepat penyembuhan.

6. Cara mengobati cacar air juga bisa mengunakan daun jarak. Rebus daun jarak hingga air mendidih. Setelah itu tuangkan pada bak mandi dan tambahkan air gunakan mandi selagi hangat. Cara ini ampuh untuk mengurangi rasa gatal.

6. Jika memang cacar air tak juga kunjung sembuh ada baiknya jika anda pergi ke Dokter untuk memeriksakan penyakit anda sekaligus meminta saran yang tepat untuk mengobatinya.

Perlu anda ketahui jenis obat yang mengandung Aspirin dilarang untuk diberikan pada anak anak yang sedang menderita cacar air karena kandungan dari obat ini bisa menyebabkan kerusakan otak dan hati, jadi ketahui dahulu resikonya terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk menggunakannya. Itulah tadi cara sederhana mengobati cacar air yang saya sarankan. 

Share this :

Latest
Previous
Next Post »