Tips Perawatan untuk Gigi yang berbehel

Memakai kawat gigi saat ini sudah tak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Kalau dahulu penguna kawat gigi didominasi oleh para remaja saat ini tidak demikian kawat gigi atau behel sah-sah saja dipakai remaja maupun orang dewasa. Hanya saja kalau kawat gigi dipasang pada saat masa pertumbuhan hasilnya jauh lebih baik karena tulang wajah masih dalam masa pertumbuhan tentu saja susunan gigi yang kurang rapi lebih mudah untuk diperbaiki.
Gigi yang tertata rapi tentu membuat penampilan kita tambah sedap dipandang. Senyum dengan gigi sehat putih dan rapih adalah suatu kebanggaan bagi kita. Namun tak semua orang mendapatkan susunan gigi seperti yang kita harapkan. Namun bagi kalian yang memiliki gigi tidak rapih anda bisa menempuh cara yang satu ini untuk memperbaiki susunan gigi yaitu memakai kawat gigi atau behel. Seperti yang sudah di bahas sebelumnya pasang kawat gigi adalah salah satu cara untuk memperbaiki susunan gigi yang kurang rapi. Selain untuk merapikan letak gigi mengunakan gigi juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. Namun untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan ada perawatan gigi berbehel wajib anda lakukan. Perawatan juga harus anda lakukan secara teratur agar hasilnya tidak mengecewakan. Hasil yang baik juga harus di imbangi dengan perawatan yang baik pula. Untuk itu sebelum memasang kawat gigi anda harus berfikir berulang kali karena biaya yang kita keluarkan tidak berhenti pada biaya pemasangan saja tapi juga biaya perawatan, kalau kalian memang ingin sekali memasang kawat gigi ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu mengetahui Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang kawat gigi atau behel ini.

Cara Merawat Gigi Berbehel

Tips merawat gigi yang berbehel

1.  Rajin menyikat gigi .
Menyikat gigi berbehel memang agak ribet butuh kehati hatian yang ekstra. Jangan gunakan sembarang pasta gigi sebaiknya gunakan pasta gigi untuk gigi sensitif karena gigi yang dipakaikan kawat behel lebih sensitif dan mudah nyeri. Sikat gigi yang anda gunakan sebaiknya juga jangan sembarangan pakailah sikat gigi yang halus agar bulu sikat menjangkau sela sela gigi. Dokter ortodhonti biasa nya merekomendasikan sikat gigi khusus yang baik untuk gigi berbehel. 

2. Berkumurlah dengan obat kumur.
Berkumur mengunakan obat kumur merupakan perawatan yang wajib pada gigi berbehel. Berkumur dengan obat kumur mampu mematikan kuman kuman jahat dimulut penyebab penyakit. 

3. Hindarai makanan yang bertektur keras dan kenyal.
Gigi yang dipakaikan behel tentu saja lebih sensitif dari pada gigi yang tidak dipakaikan kawat behel. Untuk itu sangat di anjurkan untuk menghindari makanan yang memiliki tekstur kenyal maupun keras untuk mendapatkan susunan gigi yang anda inginkan. Pada minggu minggu pertama pemasangan  kawat gigi rasa ngilu yang disebabkan oleh proses pemasangan kawat gigi tersebut  mungkin saja belum sembuh total. Biasanya dokter menyarankan untuk mengkonsumsi bubur terlebih dahulu serta menghidari makanan dan minuman yang terlalu dingin dan terlalu panas.

4. Bersihkan sisa makanan dengan benang gigi.
 Menyikat gigi belum tentu bisa menghilangkan sisa sisa makanan yang tertinggal disela sela gigi meskipun sudah memakai sikat dan juga pasta gigi yang khusus untuk gigi berbehel. Benang gigi sangat dibutuhkan untuk menghilangkan secara sempurna makana yang tertinggal pada sela sela gigi.

5. Kontrol kedokter gigi secara rutin.
Dokter anda pasti menyarankan untuk melakukan medical chekup untuk mengetahui apakah ada yang perlu dibenahi atau tidak dan juga melakukan kontrol gigi. Kontrol kedokter gigi sebaiknya dilakukan secara teratur agar hasil yang anda dapat kan maksimal.
Artikel terkait : Menderita Sakit Gigi berlubang? Coba Obat Tradisional Ini
Memakai kawat behel tujuannya ialah untuk memperbaiki susunan gigi yang kurang tidak rapi dan untuk memdapatkan hasil yang sesuai anda inginkan tentunya anda juga harus mnelakukan perawatan yang sesuai standart kedokteran. Selain kontrol kedokter ada perawatan sehari hari yang harus anda lakukan. Perawatn gigi diatas sangat sangat penting anda lakukan agar tidak ada masalah yang bersumber dari pemasangan kawat gigi yang telah anda jalani sebelumnya.

Share this :

Previous
Next Post »