Begini Cara Mengobati Bekas Luka Bakar Yang Benar

Cara Mengobati Bekas Luka Bakar | Luka bakar adalah kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan oleh berbagai sebab antara lain suhu yang panas, listrik, bahan kimia, dan juga gesekan. Jika kalian atau teman anda mengalami luka bakar sebaiknya lakukan pertolongan pertama untuk mencegah luka bakar tersebut tidak bertambah parah dan menyebar kedaerah sekitarnya. Kebanyakan dari kita mengoleskan pasta gigi atau odol untuk mengurangi rasa panasnya namun cara ini sebenarnya adalah cara yang salah. Mengolesi luka bakar dengan pasta gigi adalah cara sia sia bahkan dapat memperparah luka bakar. Menutup luka bakar dengan pasta  gigi akan menghambat pemulihan karena cairan dari bekas luka tersebut yang seharusnya dibersihkan justru tertutup oleh pasta gigi. Seperti luka luka lainya luka bakar juga harus setril dari segala kuman untuk itu jika terjadi luka bakar maka sebaiknya bersihkan dulu dari kotoran yang menempel pada luka mengunakan alkohol atau rivanol agar luka tidak dibuat sarang oleh kuman.

cara mengobati dan menghilangkan bekas luka bakar
ilustrasi img : https://www.klikdokter.com/

Cara mengobati luka bakar tergantung dari tingkat keparahan luka tersebut. Jika lukanya hanya sebatas hitam saja tidak bergelembung dan tidak melepuh cara mengobati luka bakar bisa kita lakukan sendiri tanpa bantuan medis. Hanya dengan di salep yang dijual diapotek luka tersebut akan segera sembuh. Namun jika luka bakar tersebut sampai melepuh dan mengeluarkan gelembung tentu saja penanganannya juga lain. 

 #  Bila anda mengalami luka bakar berikut langkah langkah cara mengobati luka bakar yang benar :

- Pertama :
Siram luka bakar tersebut dengan air bersih agar panasnya tidak semakin menyebar kemana-mana.

- Kedua :
Olesi dengan salep khusus luka bakar yang banyak dijual diapotek seperti Burnazin dan Dermazin. Namun jika luka tersebut menimbulkan sakit demam maka segera kedokter untuk mendapatkan anti biotik agar tidak terjadi infeksi dan untuk mempercepat penyembuhan. 

- Ketiga :
Untuk menghilangkan bekas bakar gunakan bioplasenton. Berdasarkan pengalaman saya sendiri mengobati luka bakar mengunakan bioplasenton saat luka masih dalam keadaan basah justru memperparah lukanya. Jadi sebaiknya bioplasenton digunakan ketika luka sudah kering agar bekas luka bakar cepat hilang.

Mengobati luka bakar juga bisa dengan mengunakan lidah buaya cara penggunaanya dengan menempelkan gel lidah buaya sesaat setelah kulit anda terkena panas entah itu air panas, knalpot maupun minyak panas. Gel lidah buaya memberikan rasa dingin pada luka bakar sebagai upaya pencegahan agar kerusakan jaringan kulit tidak meluas. Sebenarnya cara ini hampir sama manfaatnya dengan menyiramkan air pada luka bakar. 

Pada anak-anak bekas luka mudah memudar dan hilang meskipun tidak diobati karena pada usia anak anak regenerasi sel jauh lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Sedangkan pada orang dewasa bekas luka harus diobati agar memudar itupun belum tentu bisa kembali seperti sedia kala. Sekarang ini obat penghilang bekas luka bakar dapat dengan mudah kita temui di apotek namun tak ada salahnya kita mencoba cara alami terlebih dahulu meskipun obat buatan pabrikan memang lebih cepat mengobati luka

Contoh Bekas Luka

 Cara alami menghilangkan luka bekas luka bakar :

1. Menghilangkan bekas luka dengan getah kayu :
   Untuk menghilangkan bekas luka anda bisa mengunakan getah kayu yang keluar pada saat kayu dibakar. Getah kayu yang bisa anda gunakan untuk mengobati luka bakar hanyalah getah kayu yang keluar ketika kayu tersebut dibakar. Cara ini banyak digunakan orang orang terdahulu dan hasilnya cukup memuaskan. Secara ilmiah cara ini mungkin belum ada penelitiannya namun nyatanya banyak yang mengunakan getah kayu untuk menghilangkan bekas luka. Untuk menghilangkan bekas luka caranya oleskan getah kayu pada bekas luka anda secara teratur setiap hari.

2. Menghilangkan bekas luka dengan Lidah Buaya.
   Lidah buaya memang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan salah satunya untuk mengobati luka bakar. Selain mengobati luka bakar manfaat lidah buaya juga bisa untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan lignin dan asam aminonya baik untuk meregenerasi sel yang rusak. Caranya cukup mengoleskan gel lidah buaya pada bekas luka untuk hasil maksimal lakukanlah secara teratur.

3. Menghilangkan bekas luka dengan jus mengkudu.
   Mengkudu matang memiliki aroma yang sangat menyengat namun dibalik aromanya yang tidak sedap mengkudu punya segudang manfaat untuk kesehatan. Untuk mengobati bekas luka kalian dapat mengunakan jus mengkudu caranya gampang sekali. Celupkan lap kain kedalam jus mengkudu lalu gunakan lap kain tadi untuk mengkompres bekas luka.
Mengkudu mengandung senyawa scopoletin yang memiliki khasiat anti radang.

4. Menghilangkan bekas luka dengan mentimun.
   Buah mentimun mengandung silika yang baik untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen ialah salah satu jenis protein yang terdapat dalam tubuh kita yang salah satunya bermanfaat untuk menyembuhkan bekas luka. Untuk menghilangkan bekas luka bakar yang ada pada kulit cantik anda gunakan mentimun yang dudah diparut kemudian gunakan masker.

5. Menghilangkan bekas luka dengan madu.
   Agar khasiatnya lebih ampuh gunakan yang masih murni. Madu memiliki manfaat yang baik untuk meregenerasi sel yang rusak. Caranya oleskan madu murni pada bekas luka diamkan hingga kering lalu bilas dengan air bersih.
Artikel terkait : Cara Mengatasi Kulit Kaki Pecah pecah
Cara alami untuk menghilangkan atau mengobati bekas luka bakar hanya berlaku pada bekas luka yang tergolong ringan. Jika bekas luka anda tak kunjung pudar sebaiknya konsultasikan saja pada dokter kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Share this :

Previous
Next Post »