Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Cara Menghilakan bau mulut bukanlah suatu yang sulit untuk kita lakukan asalkan kita mau berusaha segala sesuatu yang sulit akan  menjadi mudah. Mulut adalah anggota tubuh yang sangat penting untuk kita jaga kebersihanya. Karena mulut adalah satu bagian tubuh yang paling utama kita gunakan untuk berinteraksi dengan sesama. Oleh karenanya apabila mulut menimbulkan bau yang tidak sedap tentu saja siapapun yang diajak ngobrol akan merasa tidak nyaman atau membuang muka dan parahnya lagi menghindar. Bayangkan jika hal itu terjadi pada kita, sudah pasti sebel kan? Untuk itu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut harus kita lakukan agar kejadian seperti diatas tidak sampai terjadi pada diri kita.

Cara Menghilangkan bau mulut yang tidak sedap
ilustrasi img : http://pojoksatu.id

Pada umumnya bau mulut terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Makan makanan yang berbau tajam

Agar bau mulut anda terhindar dari bau yang tida enak  maka sebaiknya anda menghindari makan makanan yang memiliki bau yang menyengat seperti petai, lamtoro, jengkol, dan kurangi konsumsi bawang-bawangan. Karena beberapa bahan diatas jika dimakan akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap. Namun jika anda benar-benar menyukai makanan yang seperti diatas maka sebaiknya jangan terlalu banyak dan sikatlah gigi anda setelah memakannya untuk meminimalisir bau yang ditimbulkan.

2. Penyebab bau mulut terjadi karena Masalah Gigi.

Radang gusi, karang gigi, gigi berlubang merupakan masalah pada gigi yang sering dialami banyak orang yang tanpa disadari dapat membuat bau mulut anda tidak enak. Maka dari itu jagalah selalu kesehatan dan kebersihan mulut  agar bau mulut yang tidak sedap tidak sampai terjadi pada anda. Berikut adalah penyebab masalah pada gigi :

=> Karang gigi
Terbentuknya karang gigi sering kali dipicu karena jarang mengosok gigi sehingga sisa sisa makanan yang menempel digigi lama lama akan berubah menjadi plak dan selanjutnya memicu tumbuhnya bakteri yang pada akhirnya akan merusak gigi anda.

=> Radang gusi
Jika gusi anda memerah bengkak dan terasa sakit dan nyeri itu tandanya anda sedang mengalami yang namanya radang gusi. Radang gusi akan bertambah parah jika anda sedang hamil karena dipengaruhi oleh perubahan hormon. Penyebab radang gusi biasanya karena adanya plak pada gigi dan juga karena kurangnya asupan vitamin C dan untuk penanganan masalah tersebut kalian dapat membaca artikel ini : Obat Untuk Gusi Bengkak Tradisional

=> Gigi berlubang
Kuman yang bersarang pada mulut anda apabila tidak dibersihkan akan menyebabkan gigi anda berlubang. Maka dari itu jangan lupa menyikat gigi setelah makan dan ketika akan tidur agar sisa makanan yang menempel digigi terbuang bersama kuman-kuman supaya tidak membuat gigi anda berlubang. Untuk tips mengatasi sakit gigi berlubanga anda dapat membaca artikel ini : Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Paling Ampuh

3. Tidak sarapan

Melewatkan sarapan pagi akan meyebabkan produksi air liur berkurang akibatnya bau mulut anda menjadi tak sedap. Buat kalian yang memiliki kebiasaan tidak pernah sarapan pagi mulai dari sekarang ubahlah kebiasaan tersebut karena akan berdampak buruk untuk kesehatan dan juga akan menimbulkan bau mulut yang tak sedap yang pastinya akan sangat menganggu kita dan juga orang orang disekitar kita.

4. Sedang melakukan diet.

Pernahkan sebelumnya terbersit dibenak anda jika diet bisa menyebabkan bau mulut menjadi idak sedap?Ketika kita sedang melakukan diet apalagi kalau diet ketat tentunya berkuranglah asupan asam amino kedalam tubuh. Akibatnya bau mulut anda menjadi tidak sedap.


5. Mengunakan gigi palsu.

Pengunaan gigi palsu biasaya akan mempengaruhi bau mulut.  Jadi mohon untuk diperhatikan bagi anda yang memakai gigi palsu sebaiknya lakukan perawatan secara teratur dan jangan lupa untuk rajin pergi ke dokter gigi guna melengkapi perawatan gigi anda.

6.Kurangnya asupan air putih

Manfaat air untuk tubuh kita sangatlah besar karena sebagian besar komponen dari tubuh kita adalah air. Air sangat diperlukan untuk menjaga mulut kita agar nafas tetap segar dan jauh dari bau mulut. Air merupakan komponen utama untuk memproduksi air liur. Namun tahukan anda kenapa kekurangan air liur bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap? Karena salah satu fungsi air liur adalah membunuh kuman kuman yang ada dimulut dan adanya kuman itulah yang membuat bau mulut anda menjadi tidak sedap.

Berikut cara mencegah dari bau mulut tidak sedap :

=> Makan buah buahan misalnya saja buah stroberi dan apel. Kedua buah tersebut bisa anda gunakan untuk menjag kesehata mulut anda.

=> Berkumur mengunakan garam adalah cara lama namun sampai saat ini masih dipercaya mampu menghilangkan bau mulut tidak sedap. Memang bisa dibilang agak kuno namun sangat ampuh untuk mengusir bau mulut tidak sedap. Karena garam mampu membunuh kuman kuman yang ada pada mulut anda yang dapat memicu terjadinya bau mulut yang tidak sedap.

=> Obat kumur adalah salah satu yang diminati karena efektif dan tidak ribet.  Sekarang ini obat kumur sudah banyak tersedia diapotek bahkan toko maupun swalayan terdekat didaerah anda.

=> Minumlah seduhan teh hijau tanpa gula untuk menetralkan bau mulut yang tidak sedap.

=> Untuk memenuhi kebutuhan air untuk tubuh anda maka minumlah air putih minimal 8 gelas perhari untuk menjaga ketersediaan air liur.

=> Kurangi makan makanan yang memiliki bau tajam.

=> Mengunyah permen karet dapat menambah jumlah air liur kita karena didalam permen karet terdapat xylitol  yang berguna merangsang produksi air liur.

=> Sikatlah gigi anda minimal 2x sehari untuk menjagakebersihan mulut anda. Dan jangan lupa meluangkan waktu anda untuk pergi kedokter gigi setidaknya 6 bulan sekali untuk memastikan kebersihan mulut anda.
Beberapa cara diatas merupakan cara aman dan efektif  untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap yang patut anda coba.

Share this :

Previous
Next Post »