6 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma Untuk Tubuh

Kurma merupakan salah satu tanaman buah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Konon katanya buah kurma pertama kali dijumpai di Arab tepatnya di sekitar tepi sungai Nil dan  sungai Efrat. Pohon kurma bisa tumbuh di daerah yang memiliki cadangan air sangat minim, karena pohon kurma bisa menyimpan cadangan air sendiri yang membuatnya mampu bertahan hidup didaerah yang cadangan airnya sangat kurang seperti di gurun pasir. Di manapun kita berada buah kurma bisa dengan mudah kita temukan ini dikarenakan peminat buah ini sangat banyak dan memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bagi sebagian besar umat agama muslim buah kurma menjadi sajian wajib saat bulan puasa dan hari raya. Maka dari itu pada waktu bulan ramadhan dan idul fitri tiba dimana mana banyak toko toko yang menjual bauh kurma. Selain dimakan langsung begitu saja buah kurma juga bisa diolah menjadi aneka olahan yang lezat seperti madu kurma, sirup kurma, dan kue rasa kurma. Olahan dari buah kurma ini dapat dengan mudah kita dapatkan di swalayan swalayan terdekat. Didalam buah kurma terkandung serat, vitamin dan mineral yang penting untuk memelihara kesehatan tubuh kita. Vitamin B kompleks khususnya vitamin B6 lah yang jumlahnya tertinggi yang berguna untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh dan selanjutnya disusul vitamin A dan K. sedangkan untuk mineralnya yang memiliki urutan teratas ialah kalium kemudian disusul mangan, magnesium, tembaga, kalsium, fosfor, seng dan zat besi. Rasa manis pada buah kurma berasal dari glukosa dan fluktosa alami sehingga manisnyapun terasa pas dilidah kita.


Manfaat buah kurma

ilustrasi gambar : kabarmakkah.com


Buah kurma termasuk buah yang bisa diawtetkan dan dapat bertahan cukup lama hingga berbulan bulan tanpa mengunakan bahan pengawet sekalipun. . Metode pengeringan untuk buah kurma biasanya dengan cara mengeringkan langsung dibawah panas matahari dan yang lebih modern lagi dengan memakai mesin pengering. Dibawah ini adalah beberapa manfaat mengkonsumsi buah kurma untuk tubuh kita:

1. Manfaat buah kurma untuk memperbaiki metabolisme dalam tubuh

Masalah pencernaan seperti halnya sembelit umum terjadi pada siapapun baik anak anak maupun orang dewasa. Apalagi pada ibu hamil kasus seperti ini wajar terjadi. Buah kurma mengandung serat alami yaitu serat larut yang berfungsi untuk menjaga pencernaan kita. Serat larut bekerja mengikat lemak dan kolestrol jahat yang selanjutnya akan dibuang melalui proses metabolisme.
Sehingga buah kurma sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang memiliki masalah dengan pencernaan.

2. Manfaat kurma sebagai sumber  Energi

Seperti yang kita tahu manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktifitas sehari hari. Oleh karenanya buah kurma cocok dijadikan camilan sehat sehari hari untuk menambah energi kita. Kurma mengandung glukosa dan fruktosa alami yang aman di konsumsi. Itulah sebabnya mengapa orang berpuasa dianjurkan untuk makan kurma saat saur dan berbuka agar tidak udah lelah selama berpuasa dan tetap vit kembali setelah puasa seharian. Meskipun penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi gula yang berlebih namun untuk mengkonsumsi buah kurma aman meskipun kadar gula pada buah ini cukup tinggi.

3. Merangsang kinerja syaraf

Supaya daya ingat kita lebih tajamkita sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma karena mengandung kalium yang cukup tinggi sedangkan dibutuhkan tubuh untuk merangsang kinerja syaraf antara lain syaraf otak. Buah kurma baik juga dikonsumsi oleh ibu hamil serta janin dalam kandungan sebab kalium yang ada pada buah kurma membuat ibu lebih sehat dan merangsang janin yang ada dalam kandungan lebih tanggap dan terlahir lebih cerdas. Serta meminimalisir kemungkinan bayi terlahir dengan cacat otak bawaan.

4. Manfaat buah kurma untuk memperkuat tulang

Untuk memelihara kesehatan gigi dan tulang ada maka sebaiknya banyak banyaklah makan makanan yang mengandung tinggi kalsium. Untuk itu salah satu buah yang cocok anda konsumsi untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi adalah buah kurma. Kalsium yang terdapat pada buah kurma cukup tinggi. Pada orang dewasa buah makan buah kurma disarankan untuk mencegah pengapuran tulang atau osteoporosis. Dengan mengkonsumsi secara rutin buah kurma anda telah berupaya mencegah terjadinya osteoporosis pada usia senja.

5. Menyehatkan jantung

Peranan jantung pada tubuh kita sangat vital sekali karena jantung berfungsi memompa darah keseluruh tubuh. Sehingga kesehatan jantung sangat berpengaruh besar pada kesehatan seseorang. Penyakit jantung termasuk kategori penyakit bahaya yang sewaktu waktu bisa merengut nyawa. Hingga penyebab kematian terbesar didunia sekalipun dikarenakan oleh penyakit jantung.Maka dari itu kesadaran menjaga kesehatan jatung sedari dini sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh terganggunya kinerja jantung. Buah kurma merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jatung kita karena terkandung potasium didalamnya. potasium bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita dari berbagai macam penyakit yang berbahaya. Dengan jantung yang sehat kita dapat menikmati hari hari kita dengan indah.


6. Manfaat buah kurma sebagai pencegah dan sekaligus mengobati anemia atau kurang darah

Jika sebelumnya saat melanda untuk mengatasinya anda memanfaatkan obat penambah darah maka kini tidak ada salahnya mencoba mengunakan buah yang satu ini yaitu dengan mengkonsumsi buah kurma. Buah kurma memiliki rasa manis yang sesuai dilidah kita tentu saja berbanding terbalik dengan rasa obat. Seperti yang kita tahu anemia ialah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Kandungan zat besi ini ada didalam buah kurma maka dari itu disaran kan untuk mengkonsumsi buah kurma untuk mencegah serta mengobati anemia. Terlebih untuk ibu hamil resiko mengalami anemia jauh lebih besar dari pada yang tidak hamil.

Artikel terkait : Manfaat Buah Naga dan Khasiatnya Untuk Tubuh Kita

Nah sekarang anda sudah tahu banyakkan manfaat mengkonsumsi buah kurma untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain enak dilidah mengkonsumsi buah kuma juga menyehatkan.

Share this :

Previous
Next Post »